Dakwah Digital. Emil: DKM Harus Punya Tim Medsos

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menyarankan agar setiap Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Jabar memiliki Tim Media Sosial (Medsos).

Apalagi, Pemerintah Provinsi Jabar telah mencanangkan program dakwah digital melalui berbagai platform agar para ulama se-Jabar bisa menyebarkan konten dakwah secara luas.

“Tiap masjid harus punya tim medsos, karena semua orang (saat ini) pegang handphone, dakwah digital dirasa efektif,” kata Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Hotel Shakti Kota Bandung, Jum’at (6/12/2019).

Baca Juga:  Emil Berencana Gelar Lomba Joget Uu

Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun mengaku pihaknya berencana membuat versi digital kitab-kitab kuning atau kitab-kitab yang disusun para ulama Jawa Barat masuk dalam konten Dakwah Digital.

Adapun Jabar sendiri merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar, mencapai hampir 49 juta jiwa, di mana lebih dari 90 persen penduduknya adalah Muslim. Jabar juga memiliki lebih dari 50 ribu masjid dan hampir 40 ribu mushala. Emil menambahkan, lewat program keumatan sudah lebih dari 10 ribu masjid melaksanakan program Magrib Mengaji.

Baca Juga:  Final Piala AFF U-16, Striker Timnas U-16 Indonesia Berani Mati

Selain itu, terdapat juga program Subuh Berjamaah Keliling dan Kredit Mesra bekerja sama dengan bank bjb yang mampu membebaskan sekitar 18 ribu warga Jabar dari rentenir.

Baca Juga:  Gamer Harus Tahu! Inilah 5 Komponen Penting OPPO Reno5 F untuk Gaming

Tak hanya itu, program English for Ulama juga mendorong ulama Jabar untuk menyebarkan dakwah Islam yang damai ke berbagai penjuru Eropa.

“Juga (sebagai) kewajiban Muslim, kita harus terdepan membawa pesan-pesan perdamaian, maka ada program English for Ulama. Melatih bahasa Inggris ulama muda untuk menyebarkan Islam Washatiah (moderat) ke seluruh penjuru dunia,” tutupnya. (Rnu)