Jangan Turunkan Masker ke Dagu, Ini Sebabnya

Masker yang telah digunakan dan diletakan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara.

Ilustrasi- Gunakan masker yang benar agar tidak terpapar virus corona. (Foto: AFP)

JABARNEWS | BANDUNG - Masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang wajib digunakan saat bepergian selama pandemi Covid-19. Masker dikenal sangat ampuh menghindari kita dari risiko masuknya virus corona lewat hidung dan mulut.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan masker. Contohnya ialah dengan menurunkan masker ke dagu. Umumnya ini dikerjakan karena ingin makan dan minum, memudahkan komunikasi dengan orang lain serta alasan-alasan lainnya.

Baca Juga:

Polresta Cirebon Bersihkan Lingkungan Kantor Cegah Corona

Polri Kaji Larangan Izin Keramaian di Daerah Terkait Corona



Padahal tahukah Anda bahwa menurunkan masker ke dagu sangat tidak disarankan lantaran meningkatkan risiko terjangkit virus corona? Seorang dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine Shan Soe-Lin pun memberikan penjelasannya.

Seperti dilansir dari situs New York Times, Lin mengatakan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara. Pertama lewat tidak adanya lagi perlindungan di area penting, yakni hidung dan mulut.

“Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko Anda untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” katanya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pakai Masker Dagu Penyebaran Virus Virus Corona Cara Tepat Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Yuk, Pahami Penggunaan Hand Sanitizer Cegah Virus Corona

Pegawai Pemkot Bekasi Dilarang Pakai Masker

Kominfo: Waspada Penyebaran Virus Corona Lewat Pos

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi