aqua

Menebak-nebak Kapan Vaksin Corona yang Sedang Diuji Bisa Digunakan

Beberapa kandidat vaksin tersebut sudah ada yang masuk ke tahap akhir, yaitu diuji klinis pada manusia.

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pandemi virus corona atau Covid-19 masih terjadi di seluruh dunia. Tak heran seluruh peneliti di berbagai belahan dunia masih mencari vaksin virus tersebut, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan beberapa kandidat vaksin tersebut sudah ada yang masuk ke tahap akhir, yaitu diuji klinis pada manusia.

Dari berbagai negara yang saat ini meneliti pembuatan vaksin, China, Amerika yang mulai menunjukkan hasil yang baik. Tetapi, adapun yang mengabarkan bahwa produksi vaksin mundur dari waktu yang telah diprediksikan. Berikut ini rangkuman beberapa prediksi kehadiran vaksin di China dan Amerika.

Baca Juga:

Penularan Coronavirus Mengintai Indonesia

RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terinveksi Coronavirus



Di China, beberapa kandidat vaksin mulai memperlihatkan hasil yang efektif. Menurut pakar penyakit menular di Beijing, China, Dr Zhong Nanshan, mengklaim vaksin pertama dari negaranya siap digunakan pada awal musim gugur atau sekitar bulan September mendatang.

"Beberapa dari vaksin tersebut bisa digunakan untuk keadaan darurat, diperkirakan pada akhir tahun ini. Kami percaya, di musim gugur atau musim dingin (November) ini pun sudah bisa digunakan," jelasnya yang dikutip dari Daily Mail.

Adapun beberapa vaksin yang sudah menunjukkan hasil yang efektif ataupun memasuki uji klinis fase akhir, seperti Ad5-nCoV, CoronaVac, dan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi China National Biotech Group (CNBG).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Virus Corona Covid-19 Penularan Covid-19 Penemuan Ilmuan New York Times Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal berita Hiperlokal

berita terkait

Inilah Gejala Infeksi Virus Corona, dari Ringan hingga Berat

Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 41

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi