Patut Dicontoh Nih, Yuk Tengok Kampung Tangguh di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Upaya dalam menghadapi dampak Covid-19 terus dilakukan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Di antaranya dengan membangun kampung tangguh dan zona ketahanan pangan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Langkah tersebut sebagai bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan di tengah masyarakat. Program tersebut digagas Polres Purwakarta dan didukung Pemkab Purwakarta dan Kodim 0619 ini dilakukan di Kampung Tegal Buah, Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta untuk Tangguh Lodaya Panggeuing ketahanan Ekonomi dan Pangan.

Baca Juga:  Sepekan Terakhir, Kenaikan Kasus Positif Covid-19 di Jabar Tinggi

Menurut Kapolres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Indra Setiawan, melalui Kapolsek Jatiluhur, Kompol Deni Hamari mengatakan di kampung tangguh ini masyarakat melakukan pembibitan ikan patin di kolam, memanen ikan yang sudah besar.

Selain itu, sambung Deni, masyarakat di kampung ini mengolah ikan patin menjadi abon ikan dan ikan asin fermentasi, serta melakukan pengemasan juga pemasaran hasil olahan abon ikan dan ikan asin permentasi di wilayah itu.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Stimulus Ekonomi Harus Menjangkau Penjual Gorengan

“Di kampung tangguh ini, masyarakat dapat mengolah potensi alamnya berupa ikan air tawar menjadi abon ikan dan ikan asin permentasi untuk dikonsumsi sendiri dan dijual agar menghasilkan nilai ekonomi,” ungkap Deni, pada Kamis (25/6/2020).

Baca Juga:  Jamu Anti Corona Laris Manis Diburu Pembeli Selama Wabah Covid-19

Ke depan Kampung Tangguh ini, lanjut Deni, tidak hanya dipergunakan untuk pertahanan warga saja, tapi bisa juga untuk wisata edukasi.

“Kami berharap masyarakat kampung tegal buah ini mampu mandiri dan menjadi kampung yg tangguh untuk ketahanan pangan dan ekonominya,” harapannya. (Gin)