Jaga Ekosistem, Ratusan Ribu Benih Ikan Ditebar di Perairan Umum Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Sebanyak 500 ribu benih ikan tawar ditebarkan guna menjaga keseimbangan ekosistem serta ketersediaan ikan yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan ikan tawar jenis nila dan patin itu ditebar di perairan umum.

“Disebar di 24 titik perairan umum di antaranya Cekdam Singapraya, Cekdam Ciwaled, Situ Rancagede, Situ Cimonteng, Cekdam Jaha, Embung Werkit, Situ Lengkong dan beberapa titik lainnya,” ujar Syarif Nurhidayat, Kamis (25/06/2020).

Baca Juga:  Daerah Zona Merah Covid-19 di Kabupaten Bogor Terus Bertambah

Ia menuturkan, perairan umum uum tersebut di antaranya sungai, danau, waduk, cekdam rawa dan genangan air, yang bertujan untuk menjadikan lumbung pangan hewani serta penambahan stok dan ragam jenis ikan.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan, benih ikan tawar untuk perairan umum itu merupakan bantuan dari Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat yang programnya sejalan dengan Pemkab Ciamis tentang ketahanan pangan dan peningkatan gizi masyarakat terkait konsumsi ikan.

Baca Juga:  Istri Bupati Kutai Timur yang Terjaring OTT KPK Menjabat Ketua DPRD

“Hal ini sejalan dengan visi Ciamis yaitu ‘Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua’,” katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang telah menyalurkan bantuan benih ikan untuk perairan umum di Ciamis.

Baca Juga:  Tiga Makanan Indonesia yang Dikenal di Mancanegara, Salah Satunya Hidangan Terlezat di Dunia

Bantuan benih itu, lanjut dia, akan memberi manfaat bagi keselarasan alam dan meningkatkan produksi ikan di perairan umum yang nantinya bisa langsung dimanfaatkan masyarakat.

“Bantuan benih ikan yang diserahkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi hasil tangkap ikan dan menjaga ekosistem ikan di perairan umum,” katanya. (Red)