Bogor Kembangkan Urban Farming, Bisa Manfaatkan Lahan Sempit

JABARNEWS | BOGOR – Saat ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bogor tengah membina 24 lokasi sebagai program pertanian perkotaan atau urban farming.

“Ketahanan Pangan yang telah berjalan, umumnya adalah menanam sayur-mayur,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Bogor, Anas S Rasmana, dikutip dari antara, Kamis (25/06/2020)

Melalui urban farming, kata dia, dapat memenuhi atau membantu mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari, seperti sayur-mayur, buah-buahan, maupun empang ikan, peternakan ayam, dan peternakan kambing.

Baca Juga:  Waspada Gelombang Tinggi 1,25 Sampai 6 Meter Berpotensi Menerjang Perairan Indonesia

Ia mengatakan program urban farming ini dinilai sangat mudah untuk dilaksanakan oleh warganya, pasalnya lokasi yang digunakan ini, kata dia, bisa memanfaatkan lahan sempit di atap rumah dan bahkan di dinding rumah.

Meski demikian, kata dia, program urban farming dikembangkan dengan beberapa pertimbangan, di antaranya adalah, memanfaatkan lahan marjinal di sekitar rumah atau lahan kosong yang tidak dimanfaatkan.

Baca Juga:  Hari Remaja Internasional, GenRe Purwakarta Bagikan Masker

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Kehananan Pangan, saat ini juga sedang memproses sebanyak 23 kelompok urban farming yang diusulkan kepada pemerintah pusat maupun ke Bank Indonesia.

Menurut Anas, dari 23 kelompok urban farming yang diusulkan, meliputi 16 kelompok kepada pemerintah pusat serta tujuh kelompok kepada Bank Indonesia.

“Urban farming umumnya menanam holtikultura yakni sayur mayur, dan ada juga mengelola empang ikan lele, peternakan ayam dan kambing,” katanya.

Baca Juga:  Ribuan Buruh di Garut Gelar Aksi, Ini Kondisi Lalu Lintas Arah Bandung

“Hasil panen dari urban farming, ada yang dijual ke pasar untuk menambah kebutuhan sehari-hari dan ada juga yang untuk kebutuhan konsumsi sendiri,” katanya.

Anas menambahkan, adanya program “urban farming” ini dapat menguatkan ketahanan warga Kota Bogor, apalagi dalam situasi Covid-19 saat ini. (Red)