Netty Heryawan: Kesadaran Masyarakat Soal Batik Sudah Mulai Tinggi

JABAR NEWS | BANDUNG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan masyarakat Indonesia saat ini sudah memiliki kesadaran dalam mengembangkan dan melestarikan batik sebagai warisan nusantara.

“Hari ini dari kemaren sudah mulai viral himbauan untuk berbatik jadi saya pikir di hari batik nasional ini alhamdulillah secara kasat mata secara kualitatif luar biasa masyarakat bisa mengenakan batik disetiap acara,” ujar Netty saat diwawancara, Senin (02/10/2017).

Baca Juga:  Antara Program dan Prestasi, Ini Catatan Akhir Tahun Cadisdik Wilayah VII

Ia mengatakan, Hari Batik Nasional ini hanya merupakan penguatan terhadap kecintaan berbatik dan komitmen untuk mengembangkan dan melestarikan batik disetiap lapisan masyarakat.

“Hari ini sebagai penguatan saja terhadap kecintaan berbatik kemudian komitmen untuk mengembangkan dan melestarikan karena itu tuntutan dari unesco bukan sekedar kita menjadi pemilik asli dari teknik membantik tapi kita juga punya strategi untuk mengembangkan dan melestarikan batik itu kepada seluruh lapisan usia termasuk anak-anak,” ucapnya.

Baca Juga:  Nias Utara Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,7, Terasa hingga ke Gunung Sitoli

Selain itu ujar Netty kesadaran para pengrajin batik saat ini sudah sangat tinggi terlihat dari berbagai event fashion batik selalu menjadi primadona.

Baca Juga:  Cari Kerang Di Laut, Warga Perbaungan Tewas Tergulung Ombak

“Kemarin baru saja pameran kreanusa yang dibuka oleh presiden tanggal 29 September sampai 1 Oktober kemaren juga kita lihat dari berbagai daerah membawa batik. Itu gambaran betapa batik adalah tradisi asli Indonesia,” tutupnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat