Ini Minitur Kapal Pinisi Dari Purwakarta Yang Mendunia

Arifin (47) warga Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, sudah 14 tahun menekuni kerajinan pembuatan miniatur kapal pinisi.

Hasil karya kerajinan miniatur kapal pinisi, Arifin (47) warga Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Berbahan kayu dari jenis Jati, Arifin (47) warga Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, sudah 14 tahun menekuni kerajinan pembuatan miniatur kapal pinisi berbagai ukuran mulai ukuran 18 sentimeter, 27 sentimeter, hingga 1 meter 30 sentimeter.

Untuk menjadi miniatur kapal pinisi yang sudah siap dipasarkan, Arifin, menyebut memerlukan waktu selama dua minggu untuk ukuran yang 1 meter 30 sentimeter.

Baca Juga:

Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

Pengukuran Mutu Pelajaran Bisa Dilihat Melalui OSN



Sedangkan untuk ukuran yang kecil atau 18 sentimeter, Arifin bisa dalam seminggu memproduksi sebanyak lima unit.

"Sekarang saya fokus buat yang ukuran besar dengan 1 meter 30 sentimeter dengan lebar 25 sentimeter. Kalau ukuran yang kecil sudah sedikit peminatnya. Dan adanya corona ini pemesanan menjadi berkurang bahkan tak ada," katanya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (27/6/2020).

Hasil karyanya ini, Arifin sering mengirim ke sejumlah daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, hingga bahkan ke mancanegara, di antaranya Malaysia, Cina, dan Jerman.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kerajinan Kapal Pinisi Miniatur Kapal Pinisi Kabupaten Purwakarta Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Sudah 44 Tahun Tidak Terjadi Kasus Rabies di Purwakarta

Parkir Sembarangan di Purwakarta Akan Disanksi

DPPKB Purwakarta: Tingkatkan SDM Mulai Dari Keluarga

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi