Ingat Ya! Ini Dia Tahapan Menuju New Normal di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan new normal tidak bisa dilaksanakan secara tiba-tiba tanpa persiapan. Setidaknya, ada lima tahapan yang harus ditempuh oleh daerah yang sedang menuju new normal.

“Dalam menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19, maka terdapat lima tahapan yang saling berkaitan dalam melaksanakan protokol masyarakat produktif dan aman Covid-19,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana di Karawang, Sabtu (27/6/2020).

Baca Juga:  Terindikasi Positif COVID-19, Dua Pasien di Cianjur Meninggal Dunia

Adanya lima tahapan dalam penerapan normal baru menyusul berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah itu guna memutus penularan virus corona jenis baru itu.

“Sesuai dengan arahan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil, ada beberapa tahapan dalam penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru),” kata

Ia mengatakan di antara tahapan-tahapan itu normal baru di tempat ibadah serta sektor ekonomi industri, perkantoran, dan pertanian, pusat perbelanjaan seperti mal dan retail atau pertokoan, sektor pariwisata, serta sektor pendidikan.

Baca Juga:  Terpukau Voice of Baceprot (VoB), Wakil Ketua DPR RI Ingin Gelar Konsernya di Istana

Sektor yang nantinya diperbolehkan beroperasi pada masa normal baru tetap harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Jadi azas keselamatan serta keamanan masyarakat harus diutamakan dan terjamin oleh para pelaku dari setiap sektor yang beroperasi itu,” kata dia.

Hingga Jumat (26/6/2020), tercatat 14 orang terkonfirmasi positif COVID-19 masih menjalani observasi, sedangkan mereka yang reaktif berdasarkan tes cepat 271 orang. Jumlah pasien dalam pengawasan yang masih dalam pengawasan 13 orang serta orang dalam pemantauan yang masih dalam pemantauan 68 orang.

Baca Juga:  Peringatan Penting untuk ASN di Daerah yang Gelar Pilkada

Dirinya menambahkan, dalam persiapan menuju penerapan new normal, masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada setiap aktvitas. Wiku mengingatkan bahwa setiap warga harus tetap hidup bersih dan sehat. (Red)