Mulai 1 Juli, KA Bandara Soetta Mulai Beroperasi Lagi, Berikut Syaratnya

JABARNEWS | BANDUNG – Jelang penerapan New Normal, PT Railink akan kembali mengoperasikan layanan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Layanan akan dibuka bertahap mulai 1 Juli 2020.

Menurut Plt Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari, pelayanan penumpang ini dilakukan secara bertahap dengan 50 perjalanan dalam satu hari.

Menurutnya, pengoperasian kembali KA Bandara akan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang ketat dan mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Langgar PSBB, Mal SGC Cikarang Disegel

”KA Bandara sedang mempersiapkan layanan yang lebih prima di tatanan normal yang baru, seperti penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas KA Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, handsanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antarkursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi po­tensi penyebaran virus Covid-19,” ucap Mukti.

Baca Juga:  Mata Kalian Sering Berair? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ia meminta penumpang KA Bandara Railink diwajibkan mengenakan masker, mematuhi physical distancing atau jaga jarak antarpenumpang. Selain itu dilakukan juga pengukuran suhu tubuh penumpang yang diperbolehkan masuk area stasiun hanya untuk calon penumpang, pendamping dan pengunjung yang memiliki suhu badan maksimal 37,3°C.

Railink juga mengimbau kepada para calon penumpang untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat selama di area stasiun dan di atas KA Bandara, seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun, tidak meludah di sembarang tempat, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan stasiun KA Bandara, hindari menyentuh wajah, hindari bersentuhan langsung dengan penumpang lain atau dengan petugas.

Baca Juga:  Pemerintah Bakal Bagi-bagi Tablet Murah

Sebagai informasi, masyarakat bisa mendapatkan informasi terbaru tentang KA Bandara di Website PT Railink, yaitu : www.railink.co.id atau di sosial media Railink IG: @kabandara, FB: @KABandaraRailink, Twitter: @RailinkARS. (Red)