Makin Optimis! Pasien Covid-19 di Bekasi Semakin Berkurang

JABARNEWS | BEKASI – Virus corona kini masih menjadi sorotan masyarakat dunia. Termasuk negeri kita Indonesia, kasus positif nampak terus bertambah. Meski masih terus ditemukan kasus baru, namun seolah akan ada kabar baik pertanda wabah virus corona segera berakhir.

Pasalnya, jumlah pasien positif Coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kini tinggal menyisakan 10 orang dari total 246 kasus selama masa pandemi di wilayah tersebut. Dari 10 kasus positif itu empat di antaranya tengah menjalani perawatan di rumah sakit sementara enam lainnya menjalani isolasi mandiri.

“Kemarin dua kasus positif sudah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga:  Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Penusukan Maut Santri Husnul Khotimah

Selain 10 kasus dari total 246 kasus yang terkonfirmasi positif tersebut, 216 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh sedangkan 20 orang meninggal dunia.

“Tentunya kita semua berharap angka ini terus menurun dan segala upaya yang kami lakukan terus menunjukkan perkembangan ke arah positif. Tes masif terus kita lakukan, protokol kesehatan di pasar tradisional, mal, terminal, stasiun, serta pusat keramaian lainnya terus kita perketat, sampai kemarin juga kita lakukan tes cepat santri yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur,” ungkapnya.

Alamsyah juga menyebut berdasarkan peta sebaran COVID-19 tercatat 16 dari total 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi sudah dinyatakan bebas kasus positif di antaranya Kecamatan Cabangbungin, Cikarang Barat, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, dan Cikarang Timur.

Baca Juga:  Simak Baik-baik, Ini Kabar Gembira untuk Penerima PKH

Menyusul kemudian Kedungwaringin, Pebayuran, Serang Baru, Sukakarya, Sukatani, Sukawangi, Tarumajaya, Muaragembong, Bojongmangu, serta Kecamatan Tambelang. Sementara tujuh kecamatan yakni Babelan, Cibarusah, Cibitung, Karangbahagia, Setu, Tambun Selatan, dan Tambun Utara masih memiliki kasus positif.

“Kecamatan Tambun Selatan kini tinggal menyisakan tiga kasus positif. Meski jumlah kasus positif tinggal menyisakan sedikit tapi kami minta warga tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan penuh kedisiplinan dan rasa tanggung jawab sehingga siap menuju adaptasi kebiasaan baru,” kata dia.

Dilansir dari laman pikokabsi.bekasikab.go.id pada Minggu (28/6/2020) pukul 08.00 WIB status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Bekasi tinggal menyisakan 63 orang dari total 3.739 sementara 73 orang masih berstatus dalam pengawasan dari total 1.260 Pasien Dalam Pengawasan.

Baca Juga:  Sempat Ditutup, Tempat Uji KIR Kota Cimahi Dibuka Kembali

Sehari sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui laman media sosial Humas Jabar bahkan menyatakan Kabupaten Bekasi sudah tidak lagi berada di posisi lima besar kasus tertinggi di Jawa Barat.

Kang Emil juga menyatakan terdapat 10 kabupaten/kota yang berada di zona kuning penyebaran COVID-19 dan Kabupaten Bekasi menjadi salah satunya. Angka kesembuhan di Jawa Barat bahkan telah mencapai tujuh kali lipat angka kematian yakni 1.287 berbanding 171 orang yang meninggal dunia. (Red)