Deteksi Penyebaran Covid-19, Warga Banjar Yang Tengah Olahraga Jalani Tes Swab

JABARNEWS | BANJAR – Dinas Kesehatan Kota Banjar menggelar tes Swab untuk puluhan warga yang sedang berolahraga di sekitar eks stadion Patroman Kota Banjar.

Mereka yang bersedia menjalani tes swab ini mayoritas warga yang berniat pergi ke luar kota, baik untuk bekerja atau kuliah. Selain itu beberapa pedagang juga ikut menjalani pemeriksaan.

Baca Juga:  Nunggak Iuran BPJS Kesehatan, Simak Info Ini

Meski banyak yang menolak namun ada 92 warga bersedia menjalani tes swab secara sukarela. Mereka langsung diambil sampel cairan dalam hidung dan tenggorokan di tenda khusus.

Pemerintah Kota Banjar sebelumnya mendapatkan 1.090 alat tes swab dari Pemprov Jawa Barat. Tes swab dilakukan di sejumlah titik keramaian masyarakat.

Baca Juga:  Kamus Ajang Menuntut Ilmu Agama dan Silaturahmi

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. Agus Budiana mengatakan pemeriksaan tes massal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini penyebaran COVID-19.

“Saat ini sudah sekitar 800 spesimen swab dari warga yang sudah dikirim ke Labkesda. Dari jumlah tersebut 250 spesimen yang merupakan pedagang pasar Banjar dan Bojongkantong hasilnya negatif. Sementara sisanya masih menunggu hasil sambil kami terus lakukan tes ke lokasi lainnya,” ungkap Agus

Baca Juga:  Cek! Ini Waktu Pendaftaran Direksi dan Dewas Perumda Tirta Pakuan Bogor

Sejauh ini di Kota Banjar tercatat ada 7 kasus positif Corona. 6 pasien berhasil sembuh dan satu orang meninggal dunia. (Red)