Jadi Fokus Pencegahan Banjir, Dua Situ di Bekasi Ini Akan Direvitalisasi

Bagian dari penanganan banjir yang terintegrasi hingga 2024.

Ilustrasi, Situ Burangkeng, bekasi. (Foto net)

JABARNEWS | BEKASI - Dua situ di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yaitu Situ Cipalahar yang berada Kecamatan Serang Baru dan Cibarusah serta Situ Burangkeng di Kecamatan Setu, akan dijadikan fokus penanganan pencegahan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

"Ini merupakan bagian dari penanganan banjir Jabodetabekpunjur yang terintegrasi hingga 2024," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi Nur Chaidir, Minggu (28/06/2020).



Ia menjelaskan dengan melakukan Cipalahar dan Burangkeng Cipalahar dan Burangkeng revitalisasi untuk meningkatkan daya tampung air, pada tahun ini.

"Tahun ini rencananya revitalisasi Cipalahar dan Burangkeng yang menjadi kewenangan Kementerian PUPR melalui BBWS Ciliwung-Cisadane," ujarnya.

Chaidir mengatakan ada 13 situ di Kabupaten Bekasi. Beberapa di antaranya masih berfungsi dengan baik sebagai penampung air namun tidak sedikit juga yang berubah fungsi sehingga membuat daya tampung airnya berkurang dan saat curah hujan tinggi air tersebut meluap hingga menggenangi permukiman warga.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jabodetabekpunjur Situ Cipalahar Kecamatan Serang Baru Kecamatan Cibarusah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Puncak Cianjur Jabarnews Berita jawa barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi