Wisata Di Cianjur Mulai Beroperasi Lagi, Pengunjung Dibatasi 50 Persen

JABARNEWS | CIANJUR – Destinasi wisata di Kabupaten Cianjur sudah mulai beropasi kembali seiring dengan telah usainya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Per hari ini, semua tempat wisata yang ada, sudah dapat beroperasi kembali seiring tidak diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdinan, Minggu (28/06/2020).

Baca Juga:  Disparbud Jabar: Bisnis Travel Umroh Bisa Turut Pulih di Masa Pandemi

Meski demikian, pengelola tempat wisata harus mematuhi peraturan yang diterapkan pemerintah mulai dari pusat hingga daerah terkkait penerapan protokol kesehatan saat memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKP) menjelang diterapkannya new normal.

Ia menambahkan, pengelola diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan dengna ketat termasuk dengan pembatasan jumlah pengunjung 50 persen dari kuota yang disediakan setiap harinya.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Tak Erupsi Lagi, Petani Karo Mulai Aktivitas

Bahkan pihak pengelola diwajibkan mengimbau pengunjung untuk mengunakan APD seperti masker dan tetap menjaga jarak saat berada di lokasi wisata. Pengecekan suhu tubuh dan penambahan fasilitas untuk mencuci tangan, sebagian besar sudah diterapkan pihak pengelola.

Selai itu, pihak pengelola tambah dia, harus membentuk tim kesehatan dan penanganan COVID-19 secara internal, sehingga Gugus Tugas di tingkat kabupaten hanya melaukan pemantauan, ketika terjadi pelanggaran dan tidak diterapkannya protokol kesehatan, akan diberikan sanksi tegas.

Baca Juga:  Jabar Raih Penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021, Ridwan Kamil Beberkan Hal Ini

“Targetnya ekonomi kembali hidup, tapi penyebaran COVID-19 tetap terkendali dan Cianjur tetap jadi zona biru. Perlu ada kejasama semua pihak tidak hanya pengelola, namun pengunjungpun wajib mematuhi peraturan yang diterapkan di setiap destinasi wisata,” katanya. (Red)