Jokowi Singgung Soal Reshuffle saat Rapat Kabinet, Ada Apa?

JABARNEWS | JAKARTA – Nada bicara Presiden Jokowi tiba-tiba meninggi saat membuka Sidang Kabinet 18 Juni, yang dihadiri seluruh menteri di Istana Kepresidenan. Jokowi mengancam akan bubarkan lembaga atau mencopot menteri.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” ucap Jokowi dengan nada tinggi di depan para menteri dalam video yang baru diupload, Senin (28/6/2020).

Baca Juga:  Baru Sehari Menjabat, Azwar Anas Dibully Netizen

Pangkal emosi Jokowi adalah kinerja menteri yang dia nilai biasa-basa saja menghadapi pandemi corona yang sudah berjalan 3 bulan. Padahal suasana sudah krisis.

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dua hari hari lalu menyampaikan pertumbuhan ekonomi dunia terkontraksi minus 6-7,6 persen. Bank dunia bisa sampaikan minus 5 persen.

Baca Juga:  Kabar Gembira Bagi Pelanggan PLN

Jokowi menyebut menteri-menteri harusnya kerja luar biasa untuk mencegah krisis lebih parah terjadi, termasuk menyelamatkan rakyat Indonesia yang terdampak corona.

“Jangan kerja standar,” tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu bahkan menawarkan jika ada masalah dalam kebijakan, dia bisa menerbitkan Perpres atau Perppu seperti Perppu Nomor 1 yang memberi keleluasaan menteri mencairkan anggaran untuk penanganan corona.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Beberkan Fungsi Rekayasa Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2023

“Kalau ada hambatan keluarkan peraturan menterinya agar cepat. Kalau perlu Perpres, saya keluarkan Perpresnya,” ucap Jokowi.

“Kalau Bapak Ibu tidak merasakan itu, sudah. Artinya tindakan-tindakan yang extraordinary keras akan saya lakukan,” tegasnya. (Red)