aqua

Soal Indonesia Tunda Keberangkatan Jamaah Haji, Ini Respon Arab Saudi

Pemerintah Indonesia telah terlebih dahulu membatalkan kepergian jamaah haji tahun ini.

Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. (Foto: Bloomberg)

Ia mengatakan bahwa apresiasi itu datang dari otoritas tertinggi di Arab Saudi. Keputusan Arab Saudi sendiri untuk membatasi haji tahun ini yakni demi keselamatan banyak pihak di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya Arab Saudi juga telah melakukan kajian terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Dalam proses tersebut, Pemerintah Saudi melalui Kementerian Haji telah memberitahu ke seluruh negara Islam untuk tidak tergesa-gesa melakukan kontrak.

Baca Juga:

Tahun 2022, Ridwan Kamil Prediksi Indonesia Bebas Covid-19

Ini Tips Nikmati Libur Panjang yang Aman dari Covid-19



Menurutnya, masalah haji sangat berkait dengan pembiayaan dan proses lainnya sehingga keputusan penundaan kontrak diambil sejak awal agar tidak ada dampak yang timbul darinya.

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak negara menunda pelaksanaan semua kegiatan mereka yang berpotensi menimbulkan kerumunan, termasuk ibadah haji.

Pasalnya kerumunan haji adalah yang terbesar di dunia, bahkan bisa didatangi oleh 20 juta orang setiap tahunnya. Saat penyelenggaraan ibadah haji, ada momen saat jutaan jemaah kumpul di satu titik.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jamaah Haji 2020 Keberangkatan Jamaah Haji Pemerintah Arab Saudi Kementerian Agama Jamaah Haji Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ingat, Jangan Pakai Masker Lebih dari 4 Jam

Tito Karnavian Soroti Dana Pemda yang Hanya Disimpan di Bank

Doni Monardo: Angka Kesembuhan Indonesia di Atas Standar WHO

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi