Satu Penumpang Positif Covid-19, Ini Penjelasan Garuda

JABARNEWS | JAKARTA – Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengkonfirmasi kabar yang menyatakan satu penumpangnya positif Covid-19. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (27/6/2020), dalam penerbangan rute Jakarta-Sorong dengan nomor registrasi GA 682.

“Garuda bersama stakeholder terkait melakukan koordinasi dan komunikasi intensif mengenai tindak lanjut atas kondisi tersebut guna memastikan prosedur protokol kesehatan penerbangan pada masa transisi new normal berjalan dengan optimal,” ujar Irfan dalam keterangannya, dilansir dari laman Tempo.co, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga:  Harlah NU Ke-95, Gus Nabil Haroen: Terbukti Setia Kawal NKRI

Irfan menjelaskan, seluruh penumpang itu sebelumnya sudah memperoleh validasi dan proses clearance dari otoritas terkait. Otoritas yang dimaksud adalah Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Proses ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan. Adapun persyaratan itu mengacu pada ketentuan Tim Gugus Tugas.

Baca Juga:  Marc Klok: Timnas Indonesia Punya Semangat Tinggi di Piala AFF

Kemudian, selama penerbangan, Irfan menyatakan maskapainya telah menjalankan prinsip jaga jarak fisik atau physical distancing. Di dalam pesawat, ia pun mengklaim total penumpang hanya berjumlah 62 persen dari seluruh kapasitas yang tersedia.

Sebagai langkah lanjutan, Irfan memastikan Garuda Indonesia menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut. Di antaranya meliputi prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri.

Ke depan, Irfan menjamin perusahaan akan memperkuat sinergi bersama seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan. Upaya ini dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan optimal dengan senantiasa mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang.

Baca Juga:  Inilah Tips Atasi Susah Tidur Selama Pandemi

Lebih lanjut, kata dia, peran dan dukungan masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik juga merupakan aspek penting.

“Ini memastikan komitmen bersama penanganan pandemi berjalan secara berkesinambungan,” ucapnya. (Red)