Banyak Daerah Belum Komitmen Soal Anggaran Pendidikan, Ini Sebabnya

Baru empat daerah yang alokasikan anggaran pendidikan 20%.

Ilustrasi- Alokasi anggaran pendidikan diperlukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui, bahwa hanya sedikit pemerintah daerah yang menjalankan komitmen untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen. Tahun lalu, hanya ada empat provinsi.

"Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, dan Riau," rinci Plt. Irjen Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang dalam webinar Crosscheck, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga:

Ratusan Sekolah Rusak, DPRD Bekasi: Optimalkan Anggaran Pendidikan

Waduh.. Anggaran Pendidikan Kota Bandung Turun



Berdasarkan data Neraca Pendidikan Daerah (NPD) pada 2017, tidak ada satupun provinsi yang memenuhi anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBD-nya. Kemudian di 2018 hanya ada satu provinsi yaitu Sumatra Barat (21,7 persen), kemudian di 2019 hanya ada empat kabupaten/kota.

"Komitmen belum jelas tergambar," tegas dia.

Padahal, belanja daerah seharusnya diproyeksikan untuk layanan dasar, dalam hal ini adalah pendidikan. Chatarina juga meminta agar pemerintah daerah fokus untuk memberikan layanan dasar termasuk pendidikan kepada warganya sendiri terlebih dulu.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Anggaran Pendidikan Alokasi Anggaran Pendidikan Komitmen Daerah Komitmen Kepala Daerah Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi