Ada yang Baru Di Google Doodle, Subak Bali, Apa Sih Itu?

JABARNEWS | BANDUNG – Saat membuka laman Google hari ini, akan terlihat gambaran seperti sawah dan ikon raksasa teknologi dunia tersebut di bagian tengahnya. Saat doodle diklik, maka akan masuk ke hasil pencarian mengenai Subak.

Pemandangan sawah nan hijau bertuliskan Google itu menjadi tema hari ini yang dilukis oleh seniman Hana Augustine. Apa sih warisan budaya Subak sampai masuk menjadi momen spesial Google?

Mengutip laman resmi Google Doodle, Senin 29 Juni 2020, orat-oret hari ini bertema memperingati sistem irigasi yang bernama Subak. Sistem ini masuk ke dalam daftar situs Warisan UNESCO pada 2012.

Baca Juga:  Libur Idul Adha, Sejumlah Tempat Wisata di Purwakarta Diserbu Pengunjung

Bertepatan dengan hari ini sejak tahun 2012, subak adalah sistem irigasi Indonesia yang menjadi Warisan Dunia UNESCO. Lewat Subak, masyarakat Bali mempertahankan sawah yang subur dan hidup dalam simbiosis alam lebih dari seribu tahun lamanya.

Situs Google Doodle menuliskan, kata subak merujuk tak hanya pada infrastruktur irigasi tapi juga tradisi sosial koperasi yang mengelilinginya.

“Melalui sistem ini, pasokan air terbatas dikelola secara tenang melalui 1.200 kolektif petani indivisu,” bunyi keterangan Google Doodle.

Tradisi Subak, lanjut Google Dodle, diambil dari refleksi filosofi Bali kuno bernama Tri Hita Karani atau tiga hal yang menyebabkan kesejahteraan. Berakar dari ideologi kuat yang diturunkan, sistem tradisional ini dibentuk sejak awal abad ke-9.

Baca Juga:  Polri Sebut Ada Aliran Dana Hasil Peredaran Narkoba Buat Modal Nyaleg di Pemilu 2024

Warisan budaya khas Bali sukses digambarkan dengan apik oleh sang seniman. Di akun Instagram pribadinya, Hana Agustine menuliskan cerita di balik penggarapan lukisan Subak yang menjadi Google Doodle.

“Ketika saya dihubungi Google untuk memberikan kehormatan membuat Doodle, saya sangat senang!! Jadi tahukah Anda Subak (sistem irigasi khusus ini) berasal dari Indonesia-yah Bali? Tema ini cukup menantang karena tidak benar-benar fokus pada karakter, yang lebih baik di… tapi setelah bersikeras saya ingin ada petani dalam gambar,” tulis Hana Agustine.

Baca Juga:  Niat Ke Warung, Pria Asal Subang Tewas Tersambar Kereta Api di Karawang

Menurut Hana, warisan budaya Subak tidak lepas atas jasa dari para petani.

“Mereka membiarkan saya memiliki gambar petani dengan syarat karakter harus pakai masker wajah dalam situasi kita sekarang ini,” sambungnya.

Hana pun memberikan elemen terpenting dalam gambar lukisannya tersebut.

“Bagian ini adalah dedikasi saya kepada petani, tenang, dan perayaan kesederhanaan untuk kerja keras mereka dalam warisan bangsa kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengertian dari Subak itu sendiri? Istilah ini merupakan jaringan dari kanal, terowongan dan bendungan yang membuat masyarakat Bali bisa mempertahankan sawah, serta hidup secara simbiosis dengan alam lebih dari ribuan tahun. (Red)