Pertamina Kucurkan Dana Selangit Dukung UMKM Jabar Ditengah Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak bakal selamat.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut ada dua macam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. UMKM tersebut terhubung ke e-commerce dan melakukan inovasi produk.

Melalui program Kemitraan, pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya di wilayah Jawa Barat untuk mengembangkan bisnisnya. Hingga bulan Mei 2020 Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyalurkan pendanaan hingga Rp5,75 miliar untuk berbagai sektor industri kecil, seperti perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, dan jasa.

Baca Juga:  Hayam Pelung, Hayam Asli Indonésia ti Cianjur

“Pertamina terus mendorong dan mendukung penyaluran pinjaman kemitraan kepada UMKM. Pembiayaan, terlebih di masa pandemi, diharapkan bisa membantu pengusaha untuk tetap membangun bisnisnya,” jelas Unit Manager Communication Relation MOR III Dewi Sri Utami.

Tak hanya pendanaan, Pertamina juga melakukan pembinaan supaga UMKM dapat menopang perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui kerjasama Pertamina dengan Hotel Horison Ultima, Bandung. Kerjasama ini berwujud Sudut Kriya, yakni tempat untuk menjual hasil produk UMKM asal Jawa Barat, khususnya yang didukung oleh kaum perempuan.

Baca Juga:  Wah! Kaesang Pangarep Kepergok Jalan Bareng Finalis Puteri Indonesia Erina Gundono di Stadion Manahan Solo

“Sudut Kriya merupakan inisiasi bersama Pertamina dan Hotel Horison Ultima Bandung. Kami memberi fasilitas ruang penjualan produk di lobi hotel, yang menjadi etalase produk UMKM ini,” jelas Dewi.

Sudut Kriya UMKM di Hotel Horison diresmikan pada Jumat (26/6), oleh Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Ibu Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berharap, Pertamina dapat memperluas pembinaan serta pemasaran bagi UMKM di Jawa Barat, baik dengan menggandeng hotel maupun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Baca Juga:  Mobil Pelat Merah Hantam Pembatas Jalan Tol, Tiga Personel Satpol PP Luka-Luka

“Potensi pengembangan UKM di Jawa Barat sangat besar, Pertamina agar bersinergi dengan Dekranasda dan Mitra Binaan Pertamina nantinya diharapkan bisa membuka outlet Produknya di tempat-tempat strategis, antara lain di BIJB Kertajati,” jelasnya.

Di Sudut Kriya Hotel Horison Ultima Bandung, terdapat sekitar 30 produk UMKM dari kerajinan tangan, fashion, hingga makanan asal Jawa Barat. 10 diantaranya merupakan Mitra Binaan Pertamina seperti Kahla Tempe Kripik, Batik Rosdiana, dan Smile Cookies.

Selain dijual di hotel, pengelola juga telah menginisiasi penjualan produk dengan hampers paket oleh-oleh khas Jawa Barat, yang sudah dipasarkan pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. (Red)