Pertamina Kucurkan Dana Selangit Dukung UMKM Jabar Ditengah Pandemi

Hingga bulan Mei 2020 Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyalurkan pendanaan hingga Rp5,75 miliar untuk berbagai sektor industri kecil

Produk-produk yang dijajakan di Galeri UKM mitra binaan PT Pertamina (Persero) saat pameran produk UKM oleh perempuan di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). (Foto Pertamina)

JABARNEWS | BANDUNG - Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak bakal selamat.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut ada dua macam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. UMKM tersebut terhubung ke e-commerce dan melakukan inovasi produk.

Baca Juga:

Pandemi Covid-19 Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

Band Metal Asal Bandung Luncurkan Single Singgung Covid-19



Melalui program Kemitraan, pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya di wilayah Jawa Barat untuk mengembangkan bisnisnya. Hingga bulan Mei 2020 Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyalurkan pendanaan hingga Rp5,75 miliar untuk berbagai sektor industri kecil, seperti perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, dan jasa.

"Pertamina terus mendorong dan mendukung penyaluran pinjaman kemitraan kepada UMKM. Pembiayaan, terlebih di masa pandemi, diharapkan bisa membantu pengusaha untuk tetap membangun bisnisnya," jelas Unit Manager Communication Relation MOR III Dewi Sri Utami.

Tak hanya pendanaan, Pertamina juga melakukan pembinaan supaga UMKM dapat menopang perekonomian masyarakat. Salah satunya melalui kerjasama Pertamina dengan Hotel Horison Ultima, Bandung. Kerjasama ini berwujud Sudut Kriya, yakni tempat untuk menjual hasil produk UMKM asal Jawa Barat, khususnya yang didukung oleh kaum perempuan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pandemi Covid-19 Pelaku USaha UMKM Usaha Makro Kecil Menengah Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki PT Pertamina Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Materi Manasik Haji Dilakukan Secara Online Selama Pandemi Covid-19

Inilah Cara Mendapatkan Kartu Sembako

PGRI Ciamis Bantu Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi