PSBB Telah Usai, Benarkah Tingkat Hunian Kamar Hotel di Jabar Naik?

JABARNEWS | BANDUNG – Tingkat hunian kamar (okupansi) sektor perhotelan di Jawa Barat setelah pemerintah menyudahi masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan memulai fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) mulai ada kenaikan.

“Kalau malam Minggu kemarin itu bagus, sekitar 60 persen sudah ada. Tapi hanya malam Minggu saja, kalau malam Seninnya mulai turun,” ujar Ketua Persatuan Hotel Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, Senin (29/01/2020).

Baca Juga:  Tak Penuhi Kriteria, Lili-Wida Terancam Gagal Maju Pilkada Bandung

Pada awal-awal diperbolehkannya hotel beroperasi, menurutnya okupansi hotel hanya berkisar hingga 10 persen. Sehingga banyak hotel yang kondisi perekonomiannya menurun bahkan kehabisan modal.

Selain itu, kata dia, belum seluruh pegawai yang dirumahkan sudah kembali bekerja saat fase AKB ini. Karena, kata dia, pengelola hotel masih perlu penyesuaian dalam segi finansial.

Baca Juga:  Kerugian Ditaksir Capai Rp1,5 Miliar Dalam Musibah Kebakaran Pasar Gembrong

Untuk itu menurutnya, PHRI menyiapkan strategi pemberian diskon hingga 30 persen terhadap wisatawan yang menginap di hotel. Diskon tersebut, kata dia, akan mulai berlaku pada awal Juli 2020.

“Kita berikan diskon sampai 30 persen minimal, itu usaha yang kita lakukan untuk meningkatkan okupansi hotel. Dari 1 Juli sampai 31 Agustus,” katanya.

Baca Juga:  Netizen Tiba-tiba Serbu Instagram Dedi Mulyadi, Ada Apa ?

Meski begitu, ia memastikan setiap hotel tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dalam penanganan COVID-19. Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir jika akan menginap di hotel.

“Semuanya harus disiplin (protokol kesehatan), termasuk hotelnya. Petugas harus disiplin, kalau ada yang melanggar ditindak saja,” kata dia. (Red)