Alhamdulillah, Satu Daerah Di Jabar Dinyatakan Bebas Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Sukabumi saat ini berstatus hijau penyebaran Covid-19 (virus corona) dan ditetapkan sebagai daerah pertama di Jawa Barat (Jabar) yang dinyatakan aman dari virus corona.

“Alhamdulillah, ada satu wilayah sekarang masuk zona hijau yaitu Kota Sukabumi,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam jumpa pers, di Gedung Sate, Bandung, Senin (29/6/2020).

Emil mengatakan penilaian yang dilakukan pihaknya memakai sembilan indikator, yakni laju ODP, PDP, pasien positif-kesembuhan, kematian. Kemudian reproduksi instan, transmisi/kontak indeks, pergerakan orang, dan risiko geografi atau perbatasan dengan wilayah transmisi lokal.

Baca Juga:  Masyarakat Perlu Waspada, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 2000 Meter

Dengan status zona hijau, Emil memberikan izin kepada Pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan protokol kesehatan di sekolah. Ia pun memerintahkan Gugus Tugas Jabar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kota Sukabumi dalam mengawal proses adaptasi siswa kembali ke sekolah.

“Kami izinkan Kota Sukabumi untuk persiapan protokol sekolah karena sesuai aturan zona hijau bisa menerapkan aturan sekolah fisik,” ujarnya.

Baca Juga:  Baim Wong Penuhi Panggilan Polisi Terkait Laporan Palsu KDRT

Dalam kesempatan itu Emil pun mengungkapkan, terdapat sejumlah daerah yang turun statusnya dari zona biru ke zona kuning. Namun mantan wali kota Bandung itu belum menyebut secara rinci daerah tersebut.

“Mungkin besok atau lusa disampaikan ke media. Tapi yang jelas jumlahnya tidak terlalu banyak dan ini contoh jangan main-main dengan kewaspadaan,” katanya.

Emil kembali menegaskan pihaknya akan intensif menggelar tes di kawasan yang berpotensi menciptakan penularan baru Covid-19, seperti di tempat wisata dan transportasi umum.

Baca Juga:  Ojol Dilarang Angkut Penumpang Selama PSBB Di Kota Bandung

“Kami akan meneruskan target 100 persen pasar untuk pengetesan, juga di bidang pariwisata sama tempat keramaian seperti terminal dan stasiun sebagai tiga titik rawan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” ujarnya.

Sampai sejauh ini Jabar sudah menerapkan AKB. Sedangkan wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional sampai 2 Juli. (Red)