Gegara Ini The Rolling Stones Ancam Tuntut Trump

JABARNEWS | BANDUNG – The Rolling Stones mengancam Presiden Donald Trump dengan tindakan hukum karena menggunakan lagu-lagu mereka di rapat umum dan kampanye.

Tim hukum The Stones, dilaporkan dalam sebuah pernyataan hari Minggu (28//2020) bekerja dengan organisasi hak musik BMI untuk menghentikan penggunaan materi mereka dalam kampanye pemilihan ulang Trump.

“BMI telah memberi tahu kampanye Trump atas nama Stones bahwa penggunaan lagu-lagu mereka secara tidak sah akan merupakan pelanggaran terhadap perjanjian lisensi,” kata The Rolling Stones, dilaporkan The Hollywood Reporter, Senin (29/06/2020).

“Jika Donald Trump mengabaikan pengecualian dan tetap melakukannya, maka ia akan menghadapi tuntutan hukum karena melanggar embargo dan memainkan musik yang belum dilisensikan,” ujarnya melanjutkan.

Baca Juga:  395 Laporan Gratifikasi Masung Kantong KPK Selama Idulfitri 2022

Tim kampanye Trump tidak segera menanggapi pernyataan dari The Rolling Stones.

The Stones telah mengeluh selama kampanye Trump 2016 tentang penggunaan musik mereka untuk menyalakan basis konservatifnya di aksi unjuk rasa.

Lagu klasik The Rolling Stones “You Can’t Always Get What You Want” (1969) adalah lagu yang populer untuk acara-acara Trump. Lagu ini dimainkan lagi pada penutupan reli Trump baru-baru ini di Tulsa, Oklahoma – sebuah acara tertutup yang dikritik karena potensinya untuk menyebar virus corona.

Organisasi hak musik BMI menyediakan lisensi bagi venue untuk memainkan beragam musik dan memiliki katalog lebih dari 15 juta lagu yang dapat diputar di acara-acara politik. Artis dapat memilih untuk tidak memainkan musik mereka di acara-acara politik, dan pernyataan BMI mengatakan Stones telah melakukan itu.

Baca Juga:  Puting Beliung Sapu 3 Kecamatan Di Sergai, Begini Kata BPBD

BMI telah menginformasikan kampanye Trump bahwa jika mereka memainkan musik Stones lagi di suatu acara, itu akan melanggar perjanjian lisensi, kata pernyataan itu.

Artis lain juga mengeluhkan musik mereka yang terkait dengan acara Trump.

Keluarga almarhum musisi rock Tom Petty mengatakan bahwa mereka telah mengeluarkan perintah gencatan dan penghentian setelah Trump menggunakan lagu “I Won’t Back Down” di Tulsa.

Baca Juga:  Tolak Pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, Ini Alasan Pemuda Muhammadiyah Jabar

“Trump sama sekali tidak diizinkan untuk menggunakan lagu ini untuk melanjutkan kampanye. Baik almarhum Tom Petty dan keluarganya dengan tegas menentang rasisme dan diskriminasi dalam bentuk apa pun. Tom Petty tidak akan pernah ingin lagu miliknya digunakan dalam kampanye kebencian. Dia suka menyatukan orang,” kata pernyataan itu.

Musisi peraih Grammy, Neil Young, mengecam Trump pada 2018 setelah mendengar salah satu lagunya dimainkan selama kampanye Trump. Musisi kelahiran Kanada itu memperingatkan Trump karena menggunakan single 1990-nya, “Rockin ‘in the Free World,” terlepas dari peringatan sebelumnya. (Red)