Sedih, 8000 Anak Di Purwakarta Dianggap Stunting, Ini Sikap Pemerintah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ada Sekitar kurang lebih 8000 anak tersebar di 7 kecamatan dan 27 desa, yang dianggap stunting, berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2017.

Hal itu diungkapkan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melakukan penandatanganan komitmen bersama dinas terkait dalam menurunkan angka stunting, di Aula Janaka Lingkungan Pemkab Purwakarta, Selasa (30/6/2020).

“Hari ini ada kegiatan rembuk stunting dalam rangka pencegahan angka stunting di Purwakarta. Karena berdasarkan data Kemenkes 2017 yang telah diperbaharui oleh kita melalui Dinas Kesehatan hari ini ada kurang lebih 8.000 anak yang dianggap stunting tersebear di 7 kecamatan dan 27 desa yang ada di Purwakarta,” kata Anne.

Baca Juga:  Brigadir J Diduga Disiksa Sebelum Meninggal, Kuasa Hukum Keluarga Ungkap Ini

Sesuai dengan Kementerian Kesehatan, sambung dia, target penekanan angka stunting di bawah 20 persen hingga 2023 mendatang.

“Jadi kita ada waktu tiga tahun bersama-sama untuk terus menurunkan angka stunting sampai di bawah 20 persen,” imbuhnya

Baca Juga:  Koramil Beringin Grebek Rumah Cetak Uang Palsu, 2 Pelaku Diamankan

Melalui penandatanganan ini, Anne berharap, akan menjadi suatu perencanaan pembangunan ke depan, apa yang harus dilaksanakan apa yang sudah dilakukan.

Ia menegaskan, jajarannya akan terus berkomitmen dalam menekan angka stunting dengan melakukan survei gizi, monitoring dan sosialisasi ke masyarakat.

“Saya yakin ini akan menjadi langkah yang terintegrasi dengan baik dalam menurunkan angka stunting di Purwakarta,” ucap Anne.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan bersinergi dengan seluruh stakeholder pemangku kepentingan, berkontribusi dalam mencegah dan menurunkan kondisi tersebut.

Baca Juga:  Tetapkan DCS, KPU Purwakarta Coret 22 Bacaleg

“Hari ini penandatanganan seluruh stakeholder, termasuk dinas terkait untuk punya komitmen bersama-sama dalam upaya penanganan dan pencegahan, termasuk penurunan angka stunting di Purwakarta. Nanti hasil rembukan ini akan menjadi suatu perencanaan pembangunan kedepannya, apa yang harus dilaksanakan dan apa yang sudah dilakukan, saya yakin ini akan menjadi langkah yang terintegrasi dengan baik,” tegasnya. (Gin)