Waspada! Belum Usai Covid-19, Kini Muncul Lagi G4, Virus Apa Lagi Sih?

Virus ini ditemukan antara tahun 2011-2018, virus G4 sangat menular, bereplikasi pada sel-sel manusia

Hewan Babi disinyalir berkerabat dekat dengan virus G4. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Pandemi virus corona (Covid-19) nyatanya belum usai, bahkan laju penambahan pasien positif Covid-19 terus bertambah. Namun sayangnya, di tengah penambahan kasus corona, kini dunia kembali digemparkan dengan adanya pemberitaan terkait virus baru.

Para ilmuwan di China menemukan virus baru yang potensial memicu pandemi. Virus tersebut muncul belakangan ini dan dibawa oleh babi, tetapi bisa menginfeksi manusia. Dikhawatirkan, virus tersebut bisa bermutasi sehingga bisa menular dengan mudah dari orang ke orang. Jika itu terjadi, maka pandemi global bisa terjadi.

Baca Juga:

WHO Sebut Virus Corona Capai 1320 Kasus, Menkes: Indonesia Siaga Satu

Tingkatkan Kewaspadaan, RSUD Al Ihsan Buka Posko Coronavirus



Meski dikatakan belum akan jadi masalah dalam waktu dekat, virus ini perlu dipantau dengan ketat. Imunitas manusia terhadap virus yang masih baru ini diyakini masih sedikit atau bahkan tidak ada.

Virus yang oleh para ilmuwan disebut G4 EA H1N1 tersebut bisa tumbuh dan menggandakan diri di sel-sel saluran napas manusia. Ilmuwan menemukan bukti infeksi baru-baru ini berawal pada orang-orang yang bekerja di industri dan rumah potong babi di China.

"Saat ini kita teralihkan oleh virus Corona dan memang demikian. Tapi kita tidak boleh abai dengan virus baru yang potensial berbahaya," kata Prof Kin-Chow Chang dari Nottingham University, dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Virus Corona Hanta Virus Pandemi Covid-19 Vaksin Corona Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 52 Orang

Berada di Garis Depan Wabah Virus Corona, Dokter Ini Meninggal

Viral Video Warga Berjatuhan Diduga Kena Virus Corona

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi