Simak Nih! Cara Mudah Turunkan Berat Badan Dengan Buah Duku

JABARNEWS | BANDUNG – Buah kecil yang berwarna kuning kecokelatan ini mudah dijumpai di Indonesia. Keunikan rasanya yang asam, manis, dan terkadang pahit membuat buah ini banyak disukai ketika musimnya tiba. Buah duku dapat dipanen hanya satu kali dalam waktu satu tahun. Selain itu, buah ini cocok ditanam di negara yang memiliki curah hujan tinggi, termasuk Indonesia.

Buah duku memiliki nama latin Lansium Parasiticum. Buah ini termasuk spesies pohon dalam keluarga Mahoni. Asal dari jenis buah ini adalah Asia Tenggara. Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, siapa yang sangka bahwa manfaat buah duku ternyata juga baik untuk kesehatan.

Baca Juga:  Kejari Purwakarta Bantu Selesaikan Permasalahan Warga

Walau berbentuk bulat kecil dan isi berwarna putih ini ternyata memiliki banyak khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Ibarat kata orang kecil-kecil cabe rawit. Nah berikut ini sederet manfaat dari buah duku.

1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain dengan rajin menggosok gigi, dengan mengonsumsi buah duku dipercaya mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu buah duku juga diyakini dapat mengobati permasalahan mulut lain seperti gusi berdarah, sariawan, dan bau napas. Hal ini dikarenakan buah duku mengandung vitamin C dan vitamin D yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Kredit Macet BPR Raharja Wanayasa Purwakarta Capai Rp2,7 Miliar

2. Menjaga kesehatan jantung. Ternyata tidak hanya jeruk yang kaya akan vicamin C. Buah duku ini juga punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Vitamin C yang tinggi dapat berperan mencegah risiko penyakit serangan jantung.

3. Mengobati Penderita Diabetes. Bagi kamu yang punya riwayat diabetes, duku bisa menjadi suatu pilihan pengobatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya senyawa alami dalam buah duku. Di mana senyawa alami tersebut dapat menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga:  Program Kejar Ini Bisa Bantu Pemegang Kartu Prakerja Asah Potensi, Ini Penjelasannya

4. Menurunkan berat badan. Tak ketinggalan buah yang satu ini juga mengandung serat yang tinggi. Sehingga saat mengonsumsi buah ini kamu akan merasa kenyang lebih lama. Buah ini sangat cocok dijadikan menu saat kamu sedang menjalani program diet.

Buah duku memiliki kandungan vitamin D serta fosfor yang tinggi sehingga mampu menghindari adanya gigi keropos serta berlubang. Dengan kandungannya tersebut, buah duku tergolong buah yang tidak hanya menjaga kesehatan gigi, tetapi juga menjaga kesehatan tulang agar tidak terkena penyakit osteoporosis. (Red)