PSBB Segera Usai, Pemkot Bogor Siap Kembangkan Jalur Baru Bagi Pesepeda

JABARNEWS | BANDUNG – Berbagai persiapan dilakukan menjelang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional di Kota Bogor akan segera berakhir Kamis (2/07/2020).

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan sejumlah kebijakan terkait new normal yang dibuat untuk 8 sektor dalam surat edaran.

“Ada 8 sektor yang diatur dalam surat edaran itu yakni Pusat perbelanjaan/mall, Hotel, Sarana Olahraga, Even Organizer/Jasa pertunjukan, Stasiun/terminal, Tempat wisata, Tempat kecantikan/salon dan Jasa Ekonomi Kreatif,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, pada Selasa, (30/01/22020)

Baca Juga:  Ular Piton Panjang 5 Meter Gegerkan Warga Baregbeg Ciamis

Mengingat saat ini minat masyarakat untuk melakukan aktivitas di luar ruangan sangat tinggi, diantaranya seperti bersepeda dan jogging.

Terkait sarana olahraga khususnya untuk pesepeda, dilansir dai PR, Dedie mengingatkan daerahnya sebagai salah satu kota pertama di Indonesia yang punya jalur sepeda tentu peduli dalam menyikapi fenomena paska PSBB ini.

“Seperti kita ketahui (2017) lalu, di seputaran Kebun Raya Bogor telah disediakan trek sepanjang 4 kilometer. Maka memasuki AKB atau new normal nanti sudah pasti kita akan merumuskan pengembangan jalur baru bagi pesepeda,” ungkapnya.

Baca Juga:  ASN Ini Tak Gubris Undangan Panwaslu

Ia menyebutkan pengembangan jalur baru bagi penghobi sepeda yang kini digandrungi kaum urban sudah dipersiapkan sepanjang Jalan Pajajaran, Siliwangi hingga Suryakencana.

“Pengembangan jalur sepeda itu kita sudah persiapkan sampai ke Utara arah Jambu Dua menuju Pajajaran maupun ke Selatan arah Suryakencana menuju Ekalos dan balik ke Tugu Kujang akan menjadi potensi untuk dikembangkan. Namun tantangannya adalah kontur dan sempitnya lebar jalan yang harus kita sesuaikan,” kata mantan salah satu Direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Baca Juga:  Jangan Sekedar Ikut Tren!

Untuk diketahui sejak 2017 lalu, Pemkot Bogor sudah membangun jalur sepeda sepanjang 4 kilometer yang terintegrasi dengan pedestrian serta jogging track di lingkar Kebun Raya Bogor (Jalan Ir H Juanda, Pajajaran, Otista dan Jalak Harupat). (Red)