Hari Bhayangkara Ke-74, Penyandang Disabilitas di Purwakarta Dapat SIM D Gratis

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada momentum peringatan Hari Bhayangkara ke 74, Polres Purwakarta memberikan surat izin mengemudi (SIM) D secara gratis kepada beberapa orang penyandang disabilitas.

Pelayanan atau pembuatan SIM D gratis untuk kaum disabilitas yang dilaksanakan di kantor Satpas Polres Purwakarta, pada Rabu (1/7/2020).

Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Lantas, AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, adapun tujuan dibagikannya SIM D gratis itu yakni agar para penyandang disabilitas dapat tertib administrasi dalam berlalu lintas.

“Bhakti Sosial dalam bentuk pelayanan, serta sebagai bentuk apresiasi dan Polres Purwakarta kepada masyarakat penyandang disabilitas,” ungkap pria yang akrab disapa Bowo itu.

Baca Juga:  Baru Laga Perdana di Piala Dunia 2022, Tuan Rumah Qatar Sudah Cekat Rekor Baru

Dijelaskannya, bahwa SIM bagi penyandang disabilitas ada dua jenis, yakni untuk SIM D diberikan kepada kaum disabilitas yang mengendarai sepeda motor.

“Hari ini ada 16 orang penyandang disabilitas yang mendapat pelayanan SIM D, pada Hari Bhayangkara Ke-74 ini. Tadi kami sekaligus memberikan sosialisasi tentang pentingnya memiliki SIM untuk penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus,” papar Bowo.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir beberapa orang penyandang disabilitas yang menerima SIM D gratis dengan membawa kendaraannya yang telah dimodifikasi.

Baca Juga:  Ini Kata Bupati Bogor Soal Wacana ASN Kerja di Rumah

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Purwakarta, Agus Kusnadi mengucapkan terima kasih kepada Polres Purwakarta yang telah memperhatikan atau memberikan pelayanan SIM gratis kepada kaum disabiltas di Kabupaten Purwakarta.

“Atas nama ketua PPDI maupun seluruh anggota, kami ucapkan terima kasih kepada Polres Purwakarta yang telah peduli memberikan pelayanan SIM gratis untuk kaum disabilitas,” ungkap Agus.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan banyak banyak terimakasih terhadap pihak-pihak yang telah banyak membantu dan mendukung dalam program kepemilikan SIM D bagi warga Disabilitas di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Hari ke-15 Kena Corona, Aa Gym: Hasil Swab Ketiga Masih Positif

“Tak lupa kami juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara Ke-74, Semoga Polres Purwakarta semakin dicintai Masyarakat dan selalu menjadi pelindung, pelayan serta pengayom yang baik bagi warga Purwakarta dan warga Disabilitas pada khususnya,” harapnya.

Diketahui, dalam peringatan Hari Bhayangkara Ke-74 ini Sat Lantas Polres Purwakarta menggelar pelayanan SIM tidak dipungut biaya, bagi masy yang lahir 1 Juli.

Hasil pelayanan SIM tidak dipungut biaya bagi masyarakat yang lahir tanggal 1 Juli, yakini 7 pemohon SIM C baru, 5 pemohon SIM A, 15 pemohon SIM C perpanjangan, 2 pemohon SIM A perpanjangan dan 1 pemohon SIM A Umum perpanjangan. (Gin)