Ini Makna Logo Kementerian BUMN yang Baru

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengganti logo Kementerian BUMN. Menurut Erick pergantian logo kementerian bukan suatu pencitraan, tapi bagian transformasi.

Ia menginginkan, transformasi ini dijalankan juga oleh BUMN-BUMN. Sehingga, bisa bekerja sesuai dengan target yang ditentukan.

“Tentu ini menjadi semangat baru buat kita di BUMN. Saya nggak mau perubahan logo hanya pencitraan, tetapi ada maknanya. Dengan logo ini, kita berharap transformasi harus terus dijalankan dengan baik-baik,” ujar Erick dalam peresmian logo di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Mantan Presiden Klub Inter Milan ini juga akan meneruskan program restrukturisasi di BUMN-BUMN. Dengan begitu, kinerja BUMN-BUMN bisa terukur dan bisa sesuai dengan bisnis utamanya.

Baca Juga:  Begini Teknis Polresta Bogor Kota Amankan 6 Vihara Saat Imlek

“Tentu juga nggak lupa pembenahan manajemen talenta yang membuat SDM siap hadapi perubahan ini engga kalah penting karena dengan Covid dunia berubah, kita harus siap berubah, saya yakin dengan Covid ini harus terjadi percepatan-percepatan karena kita pasti yakin sama-sama, negara kita negara besar,” tutur Erick.

Selain itu, Erick juga meminta BUMN-BUMN bisa memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada di Indonesia. Pasalnya, Indonesia sangat kaya dengan SDA, sehingga sangat sayang jika dimanfaatkan asing.

“Tapi ada dua lagi yang harus kita laksanakan bagaimana logistik suplay chain harus diperbaiki dan transformasi teknologi,” ucap dia.

Baca Juga:  Polsek Purwakarta Bantu Warga Kesulitan Air Bersih

Adapun, logo Kementerian BUMN kali ini terdiri atas empat unsur utama, yakni Garuda Pancasila, semangat kolaborasi, BUMN dan inovasi teknologi. Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Sedangkan semangat kolaborasi merupakan implementasi dari nilai luhur kegotongroyongan bangsa Indonesia.

Warna BUMN sebagai identitas instansi juga tertera dalam logo baru. Simbol inovasi teknologi ditampilkan sebagai perlambang arah dan fokus BUMN menghadapi suasana zaman.

Inisial BUMN yang tersurat dalam logo merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang dikemas dalam gaya visual kontemporer.

Bentuknya yang logogram dan kontemporer mencerminkan semangat kolaborasi dari para pemangku kepentingan. Ini sekaligus membawa semangat profesionalisme BUMN yang berorientasi menjadi pelaku usaha kelas dunia.

Baca Juga:  Tok! Desta dan Natasha Rizky Resmi Bercerai

Logo Kementerian BUMN kali ini terdiri dari dua warna utama, yaitu biru tua yang mencerminkan sifat bijak dan biru muda yang mencerminkan sifat progresif.

Palet warna dalam identitas logo terinspirasi dari warna biru laut dan langit Indonesia. Warna biru mencerminkan keterbukaan, inovasi, inspirasi, dan imajinasi. Perpaduan antara kedua biru tersebut menggambarkan harmonisasi akan kebijakan dan kedewasaan dalam berpikir maupun bertindak dengan semangat inovasi yang berorientasi pada masa depan. (Red)