Dinilai Penting, Pansus DPD RI dan Kemendagri Lanjutkan Dana Otsus Papua

JABARNEWS | BANDUNG – Peran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam mengevaluasi dana otonomi khusus (Otsus) cukup penting. Pasalnya, kementerian tersebut dapat mereview kebijakan otsus, memfasilitasi penyusunan regulasi kekhususan, asistensi pelaksanaan otsus, hingga memonitoring dan melakukan evaluasi.

Bersama Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) sepakat pentingnya keberlanjutan dana Otsus dengan sejumlah perbaikan.

Ketua Pansus Papua DPD RI, Filep Wamafma mengatakan keberlanjutan dana Otsus dengan evaluasi menyeluruh. Selain itu, Pansus Papua DPD RI dan Kemendagri RI sepakat untuk mendorong revisi terbatas terkait dengan pengelolaan Dana Otonomi Khusus yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

Lantas juga melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 dilakukan secara paralel setelah revisi terbatas selesai dilakukan.

“Ada perbaikan dari sisi regulasi, dan tata kelola penyalurannya hingga dampak dan manfaatnya” ujarnya dalam rapat kerja Pansus Papua DPD RI melalui virtual meeting dengan Kemendagri hari ini (1/7).

Baca Juga:  Plt Bupati Majalengka Minta Jajarannya Ramah Investor

Menurut Filep, implikasi masalah Otsus yang terlihat antara lain pemerataan pembangunan belum tercapai, pelayanan publik belum membaik, pemanfaatan Dana Otsus tidak tepat sasaran, belum terbitnya sejumlah regulasi di tingkat daerah sebagai payung hukum pelaksanaannya.

“Tingkat kemiskinan masih tinggi, bagaimana dinamika Otsus dan bagaimana kelanjutan dana Otsus setelah tahun 2021, maka harus dicarikan solusinya seperti apa”, terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Pansus Papua DPD RI, Lily Amelia Salurapa, menyatakan dana Otsus selama ini tidak menyentuh beberapa distrik, dan tidak ada laporan dana Otsus yang lengkap dan detail.

“Ke depan perlu upaya yang dilakukan supaya bisa tertib administrasi”, ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, anggota Pansus Papua DPD RI, Djafar Alkatiri menyerukan perlunya reward dan punishment laporan pertanggungjawaban dana Otsus.

Baca Juga:  Diusung Nasdem Masuk Bakal Calon Presiden, Segini Kekayaan Panglima TNI Andika Perkasa

Pada kesempatan yang sama Anggota Pansus Papua DPD RI, Eni Sumarni, mempertanyakan apa saja pendampingan kepada Pemda dan masyarakat Papua selama ini. Ia menilai yang terjadi selama ini kepala suku di Papua merasa tidak dilibatkan.

Anggota Pansus Papua DPD RI, Herlina Murib mengungkapkan permasalahan yang sama dimana Otsus belum maksimal.

“Hasil temuan di grassroot Otsus belum maksimal. Perlu adanya pertemuan antara pemerintah dengan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan pihak terkait untuk merumuskan hal ini”, ungkapnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik menyatakan kebijakan Otsus tetap berjalan sepanjang tidak ditetapkan UU atau PERPPU yang membatalkan UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

“Dana Otsus hanya merupakan salah satu instrumen dari kebijakan Otsus. Pada tahun 2021 bukan kebijakan Otsus yang berakhir, melainkan dana Otsus yang besarannya setara 2% dari DAU (Dana Alokasi Umum) Nasional”, paparnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Sebut Hubungan Indonesia-Australia Ibarat The Avengers

Lebih lanjut ia menerangkan desain Otsus tergantung eksekusi aktor-aktor di daerah. Pemerintah Pusat siap memfasilitasi Pemda untuk berkreasi sesuai amanat Undang-Undang.

”Ini tidak hanya persoalan uang, tetapi juga regulasi. Bagaimana aktor kepala daerah bisa melaksanakan amanat UU dalam bentuk regulasi,” jelasnya.

Menurut Dirjen Otda, Perdasus 70% untuk kepentingan daerah.

“Bagaimana ini ditindaklanjuti oleh Pemda dan DPRD, di sini ada persoalan di sisi implementasi. Bagi kami ini yang perlu dievaluasi. Kami hanya memberikan saran dan rekomendasi. Kalau grand desain, kami sudah siapkan semua”, terang Akmal lebih lanjut.

Kemendagri juga menyambut baik sinergi dalam melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan terkait Otonomi Khusus

“Kami membutuhkan DPD RI untuk komukasi yang intens di daerah”, pungkasnya. (Red)