Ratusan Pedagang Pasar Cisarua Dites Swab Covid-19, Gimana Hasilnya?

JABARNEWS | BOGOR – Setelah sehari sebelumnya menggelar rapid res massal di Pasar Parung Panjang, kali ini Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor melaksanakan di Pasar Cisarua. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor terus gencarkan rapid tes massal kepada pedagang pasar yang ada di Bumi Tegar Beriman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mikeu Kaltarina mengatakan, target rapid tes di Pasar Cisarua ini sebanyak 500.

“Tujuannya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di episentrum penularan seperti pasar. Targetnya 500 kalo tidak tercapai tahap berikutnya, kami akan kerja sama dengan PD Pasar mengusulkan, kami Dinkes akan siap,” jelasnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Beri Semangat ke Ganjar Pranowo: Berjuang untuk Menang!

Sementara itu, Dirut PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan mengatakan, kali ini pihaknya bekerjasama dengan gugus tugas Covid-19 melakukan rapid tes secara massal kepada para pedagang Pasar Cisarua sebanyak 500 orang.

“Hari ini tes swab program yang dicanangkan pemerintah daerah dan bantuan dari provinsi. Sehingga, provinsi mengadakan tes disini, tes kedua memilih untuk swab supaya lebih akurat. Tes swabnya mayoritas pedagang-pedagang pasar, kita sediakan 500 tes. Selain pedagang ada juga dari warga sekitar yang ikut tes,” katanya kepada wartawan dilokasi, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga:  Tiga Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan, Diantaranya Melawan Virus

Menurutnya, di Pasar Cisarua sendiri belum ada pedagang satupun yang terpapar Covid-19. Maka dalam mengantisipasi hal itu, pihaknya melakukan rapid tes secara massal.

Baca Juga:  JK: Stok Masih Cukup, Pemerintah Tak akan Impor Beras

“Jumlah pedagang yang ada seluruhnya dengan yang ada diluar itu 530 pedagang. Hampir semuanya kita tes. Masyarakat sekitar juga antusias, untuk swab Mudah-mudahan tertampung semua,” jelasnya.

Ia menambahkan, pedagang pasar yang sudah di swab tes yaitu di Pasar Cileungsi, Cibinong, Parung, Cikereteg dan Parung Panjang.

“Saat ini kita di Cisarua, selanjutnya di Pasar Ciawi itu besok, untuk hasil di Parung Panjang belum keluar, kita masih nunggu,” tukasnya. (Red)