Resep Islam Tangani Pandemi

Ilustrasi- Umat Muslim melaksanakan Shalat Jumat dengan protokol ketat pencegahan Covid-19 dan hanya diikuti terbatas oleh warga yang bermukim di sekitar masjid di tengah pandemi. (Foto: KOMPAS.com)

Penulis: Gina Kusmiati (Pemerhati Kebijakan Publik)

Sejak diberlakukannya new normal, beberapa fasilitas umum dan sosial di Sumedang telah di buka bebas. Mall, masjid, tempat wisata dan industri beroperasi kembali. Pemkab juga telah mengizinkan berbagai acara hiburan digelar dan aktivitas olahraga berkelompok diadakan. Namun, harus dibarengi mematuhi protokol kesehatan (Detik.com, 11/6/2020).

Baca Juga:

Teras Narang Usul Pemerintah Segera Terbitkan PP Kedaruratan Kesehatan

Perantau Diharapkan Menahan Diri Tidak Mudik Saat Pandemi



Di samping menuju new normal dan zona biru nya Sumedang. Tak ada sinyal bahwa pasien covid-19 mereda. Pasalnya, 26 perawat rumah sakit Sumedang telah menjalani isolasi mandiri dan melakukan test swab. Setelah kontak langsung dengan satu pasien yang terindikasi positif corona di rumah sakit Sumedang (Detik.com, 15/6/2020). Namun, Pemerintah justru sibuk mempersiapkan kebijakan-kebijakan yang akan memancing berkumpulnya orang-orang.

Masyarakat menyambut hangat kebijakan new normal, sebab kebijakan ini akan memberikan kebebasan beraktivitas. Terutama masyarakat yang bekerja dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi, sampai saat ini bansos yang datang terhambat karena beberapa faktor. Akhirnya, bansos yang harusnya mampu meringankan beban masyarakat justru menimbulkan kericuhan antar warga. Dikarenakan bantuan tumpang tindih serta tidak tepatnya sasaran, sehingga memicu kecemburuan sosial antar warga (Sumedangonline.com, 13/6/2020).

Melihat kondisi di lapangan, harusnya pemerintah berpikir lebih matang dalam memberlakukan new normal. Walaupun kebijakannya ditengarai untuk penyelamatan ekonomi serta menjadi angin segar bagi sebagian masyarakat, tapi adanya kebijakan AKB di tengah pandemi sangatlah rawan. Karena bisa jadi penyebab dari lahirnya gelombang kedua puncak wabah.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Resep Islam Tangani Pandemi Pandemi Covid-19 New Normal Bansos Covid-19 Wabah Virus Corona Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pandemi Covid-19, Menag Keluarkan SE Panduan Ibadah Ramadan

Ridwan Kamil Minta Status PSBB Diberlakukan di Daerah Ini

PGRI Ciamis Bantu Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi