Berantas Narkoba, Ini yang Dilakukan Lapas Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pastikan seluruh pegawai lapas terbebas dari penyalahgunaan narkotika, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Purwakarta bekerjasama dengan Polres Purwakarta gelar tes urine bagi seluruh petugas lapas.

Kepala Lapas Kelas II B Purwakarta, Rino Soleh Sumitro, tes urine mendadak ini lakukan sebagai langkah pencegahan ataupun peringatan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas.

“Jika nantinya terbukti ada pegawai yang positif menggunakan narkoba kami tidak segan-segan akan memberikan tindakan tegas,” ungkap Rino, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga:  Pembangunan Tahap Dua Skywalk Cihampelas Ditunda, Berikut Penjelasannya

Dijelaskan Rino, kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara Polres dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan, sebagai upaya memutus mata rantai penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

“Tes urine ini dilakukan sebagai bentuk langkah serius dalam pemberantasan Narkoba di dalam Lapas dan Rutan, sehingga seluruh petugas wajib dites urine tanpa terkecuali,” tegasnya.

Baca Juga:  Pelatih Persib Akui Tak Lagi Miliki Rencana Untuk Pemusatan Latihan Pemiain

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Purwakarta, Iptu Rudiyanto, mengapresiasi langkah Kalapas Purwakarta yang secara rutin melakukan tes urin untuk mencegah penyalahgunaan narkoba khususnya untuk pegawai.

Rudiyanto mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut surat permintaan dari pihak Lapas Purwakarta kepada pihaknya untuk melakukan pendampingan dalam rangka sidak tes urine kepada para pegawai.

Baca Juga:  Dimakzulkan DPRD Jember, Ini Respon Bupati Faida

“Dalam kegitan tersebut, tercatat ada sekitar 50 petugas melakukan tes urine, tes serupa pun akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi agenda rutin guna mengantisipasi peredaran narkoba di dalam lapas khususnya Lapas Purwakarta,” ungkapnya. (Gin)