Mulai Hari Ini, Kereta Siliwangi Cianjur-Sukabumi Sudah Beroperasi Lagi

JABARNEWS | CIANJUR – Setelah beberapa bulan terhenti karena pandemi COVID-19, KA Siliwangi jurusan Cianjur-Sukabumi kembali beroperasi lagi.

“KA Siliwangi jurusan Cianjur-Sukabumi kembali beroperasi dan tercatat pada jadwal pemberangkatan pertama dari Stasiun Ciranjang hanya 20 orang penumpang,” ujar Staf Stasiun Kereta Api Cianjur, Indra pada wartawan di Cianjur Jumat, (03/07/2020).

Ia mengatakan pihaknya menyediakan kuota sebanyak 140 orang penumpang untuk satu kali jalan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Kemungkinan belum banyak yang tahu kalau hari ini KA Siliwangi sudah beroperasi kembali seperti biasa, namun jumlah penumpang dibatasi 140 orang untuk sekali jalan,” ujarnya.

Baca Juga:  Nurlatifah Bebas Masa Hukuman, Sambutan Spesial Menanti

Pihaknya memperkirakan penumpang akan melonjak beberapa hari tepatnya saat hari libur karena KA Siliwangi banyak digunakan sebagai transportasi menuju tempat wisata yang ada di wilayah Cianjur dan Sukabumi.

“Bahkan saat memasuki stasiun untuk memesan tiket jarak antar calon penumpang sudah diatur agar tidak berkerumun dan tidak saling berdekatan,” ujarnya

Baca Juga:  Marc Marquez Berpeluang jadi Juara Dunia 2018 di MotoGP Jepang

Sehingga jarak aman antar calon penumpang menjadi prioritas pihak stasiun, bahkan loket yang dibuka pun sudah diatur tidak seluruhnya.

“Petugas disiapakan untuk mengecek suhu tubuh calon penumpang, kalau lebih dari 37 derajat akan disarankan untuk pulang dan memeriksakan kesehatannya. Kami juga menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di area stasiun,” katanya.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan ada beberapa persyaratan tambahan yang wajib diterapkan penumpang seperti kondisi kesehatan prima, mengenakan masker dan mengenakan pakaian lengan panjang sesuai dengan surat edran Ditjen Kemenhub RI tentang petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian.

Baca Juga:  Febri Diansyah Pamit Dari KPK

“KA Reguler beroperasi di tengah pandemi dengan tujuan melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat sampai tujuan. Untuk itu kami mengimbau penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalan dengan kereta api. Saat ini KA Siliwangi sudah beroperasi dengan jadwal normal kembali, ” katanya. (Red)