Pastikan Bebas Covid-19, Mitra Ojol di Kota Bandung Harus Tes Swab

JABARNEWS | BANDUNG – Manajemen ojek online (ojol) diminta untuk untuk menyediakan swab test kepada para mitra pengendaranya yang kini diizinkan kembali mengangkut penumpang di Kota Bandung.

“Nantinya pada pengendara ojol akan dilengkapi surat keterangan bebas dari Covid-19. Sehingga membuat para penumpang tidak khawatir,” ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Jumat (03/07/2020).

Baca Juga:  112 Pengunjuk Rasa di Cirebon Diamankan Polisi, Ini Sebabnya

Ia menambahkan surat keterangan tersebut tentunya harus dikeluarkan oleh institusi yang berwenang, kata dia, dalam hal ini lembaga kesehatan.

“Tadi kami sarankan bahwa pengendara ini atau mitra ini mereka ada surat keterangan bahwa mereka sudah bebas dari COVID-19,” ujarnya.

Menurutnya para manajemen ojol sudah menyanggupi permintaan tersebut. Selain itu, menurutnya persyaratan lainnya tentang protokol COVID-19 sudah relatif dipenuhi dengan baik oleh para ojol.

Baca Juga:  Maraknya Kicauan Politisi...

“Baik itu mengenai masalah pengiriman makanan dan barang lain, sekarang sudah masuk kepada penarikan penumpang, hanya tinggal satu saja (Swab test) tadi dan itu sudah disepakati, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa dipenuhi,” katanya.

Baca Juga:  Dikira Berenang, Seorang Anak Usia Lima Tahun Tewas Tenggelam

Nantinya, kata dia, pengawasan terhadap ojol tersebut akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Karena izin operasional angkutan tersebut berada pada ranah Kementerian Perhubungan.

“Polisi juga mengingatkan jangan sampai Grab dan Gojek ini menjadi pelanggar lalu lintas, ini kontra produktif, seharusnya mereka ini bisa menjadi contoh,” katanya. (Red)