Tiga Daerah Di Indonesia akan Alami Suhu Udara Dingin, Ini Penyebabnya

Fenomena aphelion, secara umum, tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi.

Penampakan wilayah Indonesia dari satelit (Foto: Indonesia Tourism)

JABARNEWS | BANDUNG - Dikabarkan, tiga pulau di Indonesia akan merasakan suhu udara yang lebih dingin hari ini, Sabtu (4/7/2020). Hal ini dikarenakan adanya fenomena bumi menyentuh titik aphelion.

Lebih lengkapnya, dijelaskan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut fenomena aphelion yang akan memberikan dampak yang bisa dirasakan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca Juga:

Stadion Arcamanik Direnovasi, Persib Kesulitan Cari Lapang Berlatih

Ciptakan Lapangan Kerja Baru, Yana Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha



Aphelion sendiri adalah fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari. Fenomena terjadi karena orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

Lebih Lanjutnya, LAPAN menjelaskan, fenomena aphelion, secara umum, tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Hanya saja, suhu dingin akan datang saat pagi hari yang terjadi belakangan ini hingga Agustus nanti, sekaligus menjadi fenomena yang biasa terjadi pada musim kemarau.

"Mengingat posisi Matahari saat ini berada di belahan Utara. Dampaknya adalah efek penurunan suhu, khususnya di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang terletak di selatan khatulistiwa, yang saat ini sedang terjadi," tulis LAPAN dalam akun Instagramnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Suhu Dingin Fenomena Aphelion LAPAN Posisi Bumi Wilayah Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Melamar Kerja di Jawa Barat

Suhu 'Gado-Gado' Menyelimuti Wilayah Majalengka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi