Yuk Lirik, Irigasi Talangseng Garut Disulap Jadi Objek Wisata Baru Loh

JABARNEWS | GARUT – Saluran irigasi Talangseng di Kampung Ciburuy, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, disulap menjadi objek wisata karena memiliki potensi keindahan alam.

Irigasi Talangseng yang dioptimalkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut ini, dijadikan jadi destinasi wisata unggulan.

“Penataan daerah irigasi blok Talangseng ini dilatarbelakangi adanya keinginan untuk mengoptimalkan /operasi dan pemeliharaan daerah irigasi,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, (05/07/2020).

Baca Juga:  5 Siswa SD di Cianjur Keracunan Usai Konsumsi Umbi Gadung

Menurut Rudy, adanya insiatif dari masyarakat dengan mengajak masyarakat sekitar maupun P3A (Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air) untuk turut serta memelihara saluran irigasi.

“Jalur air yang dibangun pada zaman Belanda ini namanya adalah Ista Peng, sebuah jembatan aliran air dan talang yang menghubungkan satu saluran ke satu tempat lain,” ucapnya

Baca Juga:  Resimen Armed 2/1 Kostrad, Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Corona

“Talangseng itu adalah adalah bahasa Belanda, suatu jembatan yang dibuat dari seng. Maka sekarang dikenal jadi Talangseng daerahnya,” kata Rudy menjelaskan.

Rudy mengatakan irigasi ini dibuat jauh sebelum kemerdekaan. Manfaatnya saat ini sangat penting, terutama untuk kepentingan kehidupan masyarakat sekitar.

“Saya kalau tidak salah enam tahun yang lalu pernah datang ke Kampung Margawati sebagai juara satu se-indonesia dalam masalah lingkungan, yaitu kampung iklim,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Tanggapan Dedi Mulyadi Soal Kalung Anti Corona

Diketahui, Talangseng sejatinya merupakan irigasi untuk mengairi ribuan hektare sawah dan ladang maupun untuk keperluan masyarakat. Namun karena sering kali dijadikan spot swafoto, maka Talangseng disulap jadi objek wisata. (Red)