Simak, Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi besok, Senin 6 Juli 2020.

Setiap wilayah di Indonesia memiliki potensi cuaca yang berbeda-beda setiap harinya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem Indonesia.

Menurut keterangan resmi BMKG yang dirilis per Minggu (5/7/2020) pukul 12.10 WIB, terdapat 20 wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Senin (6/7/2020).

Baca Juga:  Mobdin Raib Digondol Maling Saat Parkir Di Area Gedung Sate, Kok Bisa?

Sebanyak 10 wilayah di antaranya berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung. Sementara, 10 wilayah lainnya berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Masyarakat Tak Percaya Mahkamah Konstitusi

Deputi Bidang Meteorologi BMKG menyampaikan, daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Selat Makassar bagian Selatan hingga Laut Jawa bagian Timur.

Selain itu, juga terpantau dari Laut Maluku bagian Selatan hingga Sulawesi Tengah, dan di Perairan Utara Papua, yang dapat memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga:  Terungkap Jaringan Pengedar Upal Di Bogor, Polisi Temukan Pabriknya di Tangerang

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (Red)