Ini Tanggapan Cendikiawan Muda NU Soal Inovasi Antivirus Eucalyptus

Satria menyayangkan pandangan sejumlah pihak atas ketidakpercayaan hasil riset dari Litbang Kementan.

Kementerian Pertanian meluncurkan inovasi rangkaian produk antivirus berbahan eucalyptus yang dinilai mampu menangkal penyebaran virus corona. (Foto: Dok. Kementerian Pertanian)

JABARNEWS | BANDUNG - Cendikiawan Muda Nahdatul Ulama (NU), Nur Ahmad Satria mengapresiasi penelitian dan riset yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap inovasi antivirus berbahan dasar tanaman eucalyptus.

Menurut Dia, inovasi ilmiah tersebut sangat diperlukan karena eucalyptus dibanyak negara juga dikenal sebagai anti virus.

Baca Juga:

Mau Tahu Berapa Harga Kalung Antivirus? Baca Ini

Balitbangtan: Kalung Eucalyptus Kementan Hanya Produk Jamu



“Saya kira kontribusi para ahli dan peneliti kita terhadap inovasi eucalyptus baik berupa kalung, inhaler ataupun roll on sangat bagus dan harus diapresiasi. Kenapa demikian, karena inovasi ini adalah sebuah usaha peneliti kita yang tentu sudah dikaji dengan riset secara dalam, sehingga perlu didukung untuk memperbanyak produksinya oleh industri atau swasta” ujar Satria, panggilan akrab Nur Ahmad Satria dilansir dari laman Inipasti, Minggu (5/7/2020).

Sebagai akademisi, Satria menyayangkan pandangan sejumlah pihak atas ketidakpercayaan atas hasil riset dari Litbang Kementan. Namanya ilmiah, kata dia, pendekatan yang dilakukan otomatis bukan pendekatan asal-asalan atau penelitian tanpa riset.

“Saya itu orang akademisi yang harus saintifik dalam melihat sesuatu. Artinya kalau pendekatanya ilmiah dan kalau produk itu sudah diuji oleh para ahli setidaknya kita harus mengapresiasi. Ini kan bukan penelitian hayalan atau megic. Ini penelitian ilmu,” katanya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cendikiawan Muda NU Antivirus Eucalyptus Litbang Kementan Nur Ahmad Satria Kementerian Pertanian Tanaman Eucalyptus Hasil Penelitian Minyak Kayu Putih Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Kementan Gandeng IDI Lakukan Riset Aromaterapi dari Eucalyptus

Respon Kalung Antivirus, Rizal Ramli: Kok Primitif Ya?

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi