Waduh, 91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor

Tokopedia sudah semestinya bertanggung jawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor dan tentu banyak pihak akan memanfaatkannya untuk tindak kejahatan.

Logo Tokopedia. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Pada Sabtu (4/7/2020) sore, salah satu anggota grup Facebook terkait keamanan siber dengan sekitar 15 ribu anggota berbagi tautan untuk mengunduh 91 juta data Tokopedia sebanyak secara gratis.

Saat ditelaah, tautan itu merujuk pada salah satu akun bernama @Cellibis di Raidsforum yang memang telah membagikan data itu pada Jumat (3/7/2020). Akun itu berbagi secara hampir cuma-cuma di forum itu, yang sebelumnya dia peroleh dengan membeli data itu di Dark Web senilai USD 5.000.

Baca Juga:

Komisi VIII DPR Tolak Rencana Dua Raksasa Unicorn Gaet Bisnis Umroh

Gandeng Tokopedia Kembangkan Ekonomi Digital di Jabar



Dalam keterangannya Minggu (5/7/2020), pakar keamanan siber Pratama Persadha menyatakan Tokopedia sudah semestinya bertanggung jawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor dan tentu banyak pihak akan memanfaatkannya untuk tindak kejahatan. Ini menjadi bukti bahwa Tokopedia benar-benar telah diretas.

"Meski gratis, (proses) pengunduhan juga tidak mudah. File ini disimpan di server Amerika, sehingga [mereka yang berminat mengunduh data ini] harus menggunakan VPN dengan IP Amerika," ujar chairman Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC tersebut dilansir dari laman Liputan6.com.

Raidforums, kata Pratama, juga memiliki mata uang tersendiri dan semua member yang mendaftar di forum itu terlebih dahulu dapat menggunakannya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Tokopedia Data Bocor Pengguna Tokopedia Kebocoran Data Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha Kejahatan Internet Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Data Tokopedia Bobol? Ini Dampak Bagi Konsumen

Awas Hacker ! Tips Ini Aman Untuk Berbelanja di E-Commerce

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi