Ternyata Karena Ini Kenapa Purwakarta Andalkan Sayuran Dari Daerah Tetangga

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk memenuhi ketersedian sayuran di Kabupaten Purwakarta, saat ini masih mengandalkan dari daerah tetangga.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan, saat ditemui disela-sela kegiatanya, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, para petani di Kabupaten Purwakarta lebih cenderung menanam padi dibandingkan bercocok tanam sayuran di lahan milik mereka.

Dengan kondisi demikian tentu berpengaruh terhadap ketersediaan sayuran sehingga dipasok dari daerah tetangga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Luasan pertanian cukup terbatas, luasan yang ada sangat diprioritaskan ketersediaan pangan terutama beras,” jelasnya.

Baca Juga:  Sinergitas Kementan -TNI Wujudkan Ketahanan Pangan Untuk Pertahanan Negara

Agus menambahkan, bercocok tanam sayuran membutuhkan ketekunan dan keuletan. Para petani harus memahami dalam penanganan sebelum dan pascapanen.

Dirinya menduga para petani di Purwakarta belum memiliki kemampuan lebih dalam budidaya sayuran sehingga mereka memilih menanam padi.

“Kalau padi tidak sesulit tanam sayuran, kemungkinan itu yang menjadi alasan pasokan sayuran di Purwakarta masih kurang,” kata Agus.

Jika melihat faktor alam, sambung Agus, lahan di Kabupaten Purwakarta sangat potensial ditanami segala jenis komoditas sayuran tumbuh dengan baik. Apalagi beberapa daerah dengan tingkat kesuburan yang sangat baik seperti di Kecamatan Darangdan, Kiarapedes, Bojong, Wanayasa, dan Pondoksalam.

Baca Juga:  Kelanjutan Rencana Premium dan Pertalite Dihapuskan, Ini Kata Pertamina

“Kecamatan itu masuk dalam dataran tinggi sehingga cocok budidaya sayuran, dan telah banyak para petani budidaya sayuran di sana, namun belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga,” ungkapnya.

Agus menambahkan, kemudian juga sangat memungkinkan sayuran dikembangan di dataran rendah bahkan di perkotaan, dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Baca Juga:  Jasad Eril Ditemukan, Attalia: Alhamdulilah DNA Sudah Dinyatakan Sama Dengan Saya

Melalui berbagai program di antaranya menggunakan bibit unggul, peningkatan kualitas, pengembangan varietas lebih produktif, pengendalian tanaman yang akan dikembangkan secara bertahap.

“Usaha kami dalam memenuhi kebutuhan sayuran juga akan melakukan perluasan area lahan untuk mengembangkan sayuran, baik di dataran tinggi maupun rendah seperti Bungursari dan Babakancikao dan di Kecamatan Purwakarta Kota mengajak warga untuk mulai menanam hidroponik dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” papar Agus. (Gin)