Penuhi Protokol Kesehatan, KPU Indramayu: Ada Tambahan Rp11 Miliar

JABARNEWS | INDRAMAYU – Guna memenuhi protokol kesehatan dlam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menerima anggaran Rp11 miliar untuk tambahan Anggaran tahapan pilkada tersebut.

“Kami menerima tambahan anggaran Rp11 miliar untuk memenuhi kebutuhan protokol kesehatan,” kata Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fathoni di Indramayu, Senin.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pencuri Berkedok Galang Dana

Toni mengatakan anggaran tambahan tersebut merupakan APBN yang dialokasikan untuk memenuhi protokol kesehatan COVID-19, karena saat ini virus corona baru itu masih mewabah di Indonesia.

Dari jumlah tersebut lanjut Toni, nantinya akan digunakan untuk pembelian alat pelindung diri (APD) seperti masker, pelindung muka, hand sanitizer dan hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Cegah Penularan Covid-19, Pemprov Jabar Lakukan Pelacakan di Perkantoran

“Kami juga akan menggunakan anggaran tersebut untuk mengadakan alat tes cepat serta tes kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, anggaran Rp11 miliar dari APBN kata Toni, juga akan digunakan untuk penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta honorium bagi petugas.

Karena lanjut Toni, di Kabupaten Indramayu TPS akan ditambah sebanyak 805 unit, untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga:  Simak, Ini Info untuk Para Nasabah Bank Mandiri

Sebelum adanya pandemi COVID-19, TPS di Kabupaten Indramayu berjumlah 2.481 unit, namun dengan adanya wabah tentu ada penambahan lagi.

“Jadi totalnya TPS yang berada di Indramayu untuk Pilkada tahun 2020 ini menjadi 3.286 TPS,” katanya. (Red)