Tolak RUU HIP, Ini Lima Tuntutan GMBI Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Aksi unjuk rasa penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) masih terus berlanjut. Tidak hanya di Jakarta, aksi tersebut juga dilakukan oleh sejumlah kelompok di berbagai daerah di Indonesia.

Ratusan massa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Kabupaten Ciamis, meminta pencabutan dan pembatalan RUU HIP. Hal tersebut terungkap dalam unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (30/6) sekitar pukul 09.00.

Kedatangan mereka untuk menyatakan sikap penolakan terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini ramai diperbincangkan di Indonesia.

Baca Juga:  Agar Terhindar dari Patah Hati, Lakukan Tips Ini

Ketua Distrik DPD LSM GMBI Kabupaten Ciamis, Robi Tamzi mengatakan, dalam aksi ini pihaknya menurunkan 100 anggota, tidak lain menyampaikan beberapa tuntutan.

“Sebagai warga Ciamis, pihaknya datang ke DPRD Ciamis, agar perwakilan rakyat itu menyampaikan aspirasi penolakan RUU HIP. Makanya kalau RUU HIP tersebut tetap dugulirkan, sebagai anak bangsa, kami akan berjuang kami akan lawan sebagai bukti bela negara,” ujarnya.

Kata dia, aksi akan terus dilakukan sebelum RUU HIP itu dihentikan dan tidak ada pembahasan.

Baca Juga:  Ingat! DBD Masih Mengintai dan Pahami Gejalanya

“Kami meminta kepada warga Ciamis, untuk bersama-sama membuat rekomendasi kepada DPR-RI untuk dihentikan RUU HIP serta pembahasanya,” tegasnya.

Robi menambahkan, pihaknya menyatakan sikap dalam bentuk lima tuntutan. Yakni menolak RUU HIP, hentikan proses legislasi RUU HIP, ketiga cabut dari Proglegnas RUU HIP. Keempat, kepada komponen anak bangsa yang setia kepada NKRI setia bela negara pancasila untuk merapatkan barisan satukan pandangan, sekali melangkah kedepan pantang untuk mundur, rakyat bersatu tidak bisa dikalahkan, agar tetap waspada dan selalu siaga terhadap ancaman pada NKRI dan Pancasila.

Baca Juga:  Inilah Asal Usul Presiden Joko Widodo Disapa Jokowi

“Kita jaga NKRI dan Pancasila dari upaya dari kelompok tertentu yang mempunyai kepentingan untuk mengotak atik Pancasila,” sambungnya.

Kelima, pihaknya meminta kepada DPRD Kabupaten Ciamis sebagai warga masyarakat Kabupaten representatif Ciamis untuk menolak RUU HIP serta membuat berita acara menyampaikan aspirasi LSM GMBI Kabupaten Ciamis kepada DPR-RI.

“Kami akan melakukan aksi terus menerus bila RUU HIP tetap dibahas,” pungkasnya. (Red)