Siap-siap! Akan Ada Rekrutmen Guru Berstatus PPPK

Estimasi total kebutuhan untuk guru berstatus PPPK ini sekitar 835 ribu.

Ilustrasi- Guru mengajar di kelas. (Foto: Net)

"Usulan kami nanti BOS (Bantuan Operasional Sekolah) plus, ini terdiri dari BOS biasa ditambahkan anggaran untuk guru tadi, ada anggaranya langsung disalurkan ke sekolah, bisa untuk melakukan pembayaran langsung kepada guru," terangnya.

Mekanisme berikutnya, penyusunan formasi. Penyusunan formasi ini dilakukan bersama dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengecekan jumlah kebutuhan guru. Kemudian, diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Baca Juga:

Usai Terima Banyak Kritikan, Jokowi Batalkan Investasi Miras

1440 Personel Polresta Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini



Nantinya, Kemenpan RB menetapkan formasi PPPK untuk jabatan fungsional dan kebijakan pengadaan guru. "Kemenpan RB melakukan koordinasi pegawasan san pengendalian dalam konteks penetapan formasi," tuturnya.

Berikutnya, kata Iwan, adalah terkait kualitas guru. Nantinya akan ada seleksi yang digelar untuk para guru PPPK. "Kemendikbud menyiapkan instrumen, dalam ujian konten dan bernalar," ucapnya.

Guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bisa mengikuti ujian. Nantinya, Kemendikbud juga akan membantu dengan bahan persiapan ujian.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Rekrutmen Guru Rekrutmen PPPK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud Lowongan Guru Jabarnews Berita Jawa Barat Kemenpan RB

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Alasan Covid-19, RPJMD Kota Bandung Akan Dirubah

Video: Pria Ini Tega Aniaya Penyandang Disabilitas

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi