Ingat, Kini Kartu keluarga sampai Akta Lahir Bisa Cetak Sendiri

Layanan ini sudah bisa diunduh di PlayStore ataupun melalui Anjungan Dukcapil Mandiri.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Pandemi Covid-19 ini membuat Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri terus melakukan terobosan, salah satunya mengembangkan administrasi kependudukan (Adminduk) online sebagai pengganti layanan manual tatap muka yang banyak terkendala.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, masyarakat sekarang bisa memanfaatkan ponsel pintarnya melalui WhatsApp dan Website untuk urusan dokumen kependudukan atau pencatatan sipil. Bahkan, layanan ini sudah bisa diunduh di PlayStore ataupun melalui Anjungan Dukcapil Mandiri.



Dia menuturkan, layanan dokumen kependudukan secara online ini bisa dikirimkan langsung ke warga dalam bentuk file PDF lewat smart phone atau Email.

"Penduduk tak perlu antre mengurus akta kelahiran, akta kematian, surat pindah, atau kartu keluarga di kantor Dinas Dukcapil. Dari file PDF itu warga bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri yang dibutuhkan dari rumah dengan menggunakan kertas HVS warna putih ukuran A4 80 gram," kata Zudan dalam keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Dia menegaskan, tujuan penggunaan kertas putih HVS biasa dalam dokumen kependudukan, sekali lagi demi kemudahan warga masyarakat.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Layanan Administrasi Kependudukan Layanan Adminduk Cetak Kartu Keluarga Cetak Akta Lahir Anjungan Dukcapil Mandiri Adminduk Online Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi