Penghentian Kasus Dugaan Suap Rektor UNJ Dikritik ICW

Sedari awal KPK sudah terlihat tidak profesional dan terkesan takut untuk menindak Rektor UNJ.

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik penghentian kasus dugaan suap berdalih pemberian THR yang diduga melibatkan Rektor Universitas Negeri Jakarta oleh Polda Metro Jaya. Pelimpahan perkara dari KPK ke Polda Metro Jaya pun dinilai bentuk tidak profesional rezim Firli Bahuri.

“Sejak awal ICW sudah menduga bahwa kasus suap dengan dalih THR yang diduga melibatkan Rektor UNJ ini akan menguap begitu saja. Sebab, sedari awal KPK sudah terlihat tidak profesional dan terkesan takut untuk menindak Rektor UNJ,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya dilansir dari laman jawapos.com, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga:

Buron Tiga Tahun, Tersangka Korupsi Rp 4,4 Miliar Ditangkap Di Limo Depok

KPK: Segera Pecat PNS Koruptor



Kurnia menegaskan, berdasarkan yang disampaikan Deputi Penindakan KPK, Karyoto, sebenarnya sudah jelas menyebutkan bahwa Rektor UNJ mempunyai inisiatif melalui Kepala Bagian Kepegawaian UNJ untuk mengumpulkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Dekan Fakultas dan lembaga di UNJ. Agar nantinya bisa diserahkan ke pegawai Kemendikbud.

“Pada bagian ini saja setidaknya sudah ada dua dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, yakni praktik pemerasan dan suap,” ucap Kurnia.

Kurnia menyebut, polemik terkait tidak adanya unsur penyelenggara negara sebagaimana disampaikan oleh KPK, patut dinilai sebagai alasan yang terlalu mengada-ngada. Sebab, Pasal 2 angka 7 UU 28/1999 sudah menyatakan bahwa Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dikategorikan sebagai penyelenggara negara.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Peneliti ICW Dugaan Suap Rektor UNJ KPK Indonesia Corruption Watch Kurnia Ramadhana Polda Metro Jaya Universitas Negeri Jakarta Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Lagi, Tindakan Kekerasan Kepada KPK

Ini Kronologi Penganiayaan Pegawai KPK Di Hotel Borobudur Jakarta

Ngantre!... Anggota DPR Kembali Terjerat Kasus Korupsi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi