Pelaku Usaha Pariwisata Harus Tahu Info Ini

Pendaftaran program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio. (Foto: Antara)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi membuka pendaftaran program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dengan anggaran sebesar Rp24 miliar.

"Untuk sektor pariwisata dikhususkan bagi homestay dan 13 jenis usaha pariwisata yang semuanya harus berada di lokasi di desa wisata," ujar Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Fadjar Hutomo di Jakarta, Jumat (10/7/2020)

Baca Juga:

Komisi X DPR RI Pertanyakan Restrukturisasi Baru Kemenparekraf

DPD RI Dorong Pemda Dukung Kebijakan Kemenparekraf



BIP merupakan program tahunan yang diselenggarakan sejak 2017, bertujuan memberikan tambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap kepada pelaku usaha yang berkecimpung dalam 6 (enam) subsektor ekonomi kreatif (aplikasi digital dan pengembangan permainan, fashion, kriya, kuliner, dan film) dan sektor pariwisata.

Setiap tahun penyelenggaraannya, BIP terus mengalami peningkatan jumlah penerima dan penyaluran dana. Tahun pertama penyelenggaraan, BIP diberikan kepada 34 penerima berasal dari 19 subsektor kuliner dan 15 Aplikasi Digital dan Pengembang Game (AGD) dengan total dana sebesar Rp5,26 miliar.

Sementara pada 2018, BIP disalurkan kepada 52 penerima (14 kuliner, 12 AGD, 13 fesyen, dan 13 kriya dengan total penyaluran dana sekitar Rp4,7 miliar. Di tahun lalu, BIP diberikan kepada 62 penerima dari 5 subsektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, AGD, fesyen, kriya, dan film. Total penyaluran dana yang diberikan tahun lalu sebesar Rp5,8 miliar. Sedangkan pada tahun ini, penyaluran BIP dianggarkan sebesar Rp24 miliar.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pelaku Usaha Pariwisata Insentif Pariwisata Pendaftaran Program Bantuan Pemerintah Kemenparekraf Menparekraf Wishnutama Kusubandio Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pekerja Wisata di Jabar Dapat Bantuan Kerohiman, Apa Itu?

Soal Keputusan Pembukaan Tempat Wisata, Ini Kata Kemenparekraf

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi