Sistem PPJ Tuai Polemik, Ini Kata Korwil III PP GMKI

Pemerintah perlu memperhatikan kesiapan infrastruktur setiap daerah khususnya di daerah-daerah 3T yang masih jauh dari akses internet.

Korwil III PP GMKI, David Robby Marpaung. (Foto: GMKI)

JABARNEWS | JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah masuk ke Indonesia sejak bulan maret tahun 2020. Sampai hari ini belum ada tanda-tanda bahwa pandemi ini segera berakhir. Kondisi ini mengakibatkan proses kegiatan belajar dan mengajar masih tetap dilakukan dari rumah.

Selama masa pandemi, proses pembelajaran dilakukan secara daring dengan bantuan media teknologi yang lebih spesifik disebut dengan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ). Sistem pendidikan jarak jauh menuai berbagai polemik dikalangan masyarakat apalagi penerapan sistem PJJ akan tetap dipertahankan pasca pandemi.

Baca Juga:

Yenny Wahid Sebut Penegak Hukum Over Interprestasi Terhadap 7 Tapol Papua

Gus Ahad Minta Disdik Jabar Rumuskan Anggaran Dukung PPJ, Ini Alasannya



Kordinator Wilayah III (DKI Jakarta-Jawabarat-Banten) Pengurus Pusat GMKI David Robby Marpaung menjelaskan, sistem pendidikan PJJ ini sudah digulirkan sejak lama dan dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 109 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada pendidikan tinggi.

"Sistem pendidikan PJJ bukan program baru yang muncul dari Mendikbud hari ini yaitu mas Nadiem Makarim," kata David dalam diskusi webinar GMKI Wilayah III yang bertajuk "Rekonstruksi Problematika Kampus di Masa Pandemi", belum lama ini.

David menjelaskan PPJ ramai diperbincangkan publik akibat transisi pendidikan tatap muka dengan sistem pendidikan jarak jauh masih perlu waktu dalam beradaptasi ataupun penyesuaian. Selain itu, PJJ mengalami beberapa kendala dalam aspek penguasaan teknologi serta masalah jaringan internet yang belum merata dibeberapa daerah.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Sistem PPJ Pendidikan Jarak Jauh Korwil III PP GMKI David Robby Marpaung Mendikbud Nadiem Makarim Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Soal Sistem PPJ, Ini Pesan Dede Yusuf

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi