Jelang Idul Adha, Harga Domba Kurban di Cianjur Merangkak Naik

JABARNEWS | CIANJUR – Jelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban jenis kambing atau domba di Pasar Hewan Cianjur, Jawa Barat, merangkak naik dari Rp1.700.000 menjadi Rp2.300.000 per ekor.

Bebey (48) pedagang ternak di Pasar Hewan Cianjur, di Cianjur mengatakan kenaikan hewan kurban terjadi karena tingginya permintaan hewan kurban jenis domba.

Baca Juga:  Ingin Mudik Saat Corona? Ini Tips Polisi Agar Bisa Lolos

“Kalau warga yang sudah biasa memesan untuk hewan kurban setelah lebaran lalu, sudah mulai memesan dengan harapan saat dikurbankan hewan yang mereka titipkan ke kami bobotnya cukup besar. Sedangkan tiga pekan menjelang lebaran kurban, tingkat pemesanan terus meningkat,” ujar Bebey, Jumat (10/07/2020).

Ia menjelaskan dibandingkan tahun lalu, jumlah pemesanan meningkat hingga 40 persen karena sebagian besar pedagang mulai mendapat pesanan dari luar kota seperti Jakarta, Karawang, Purwakarta dan Sukabumi karena kualitas hewan yang ditawarkan sehat dan dagingnya berkualitas.

Baca Juga:  Antusiasnya Warga Saksikan Tradisi Gong Sekaten Keraton Kanoman Cirebon

Sedangkan terkait kesehatan hewan kurban yang dijajakan di pasar tersebut, selalu mendapat pengecekan dari petugas dari dinas terkait.

Sehingga kesehatan dan kualitas daging yang akan dibagikan pada hari raya itu, cukup terjamin. Meskipun ada yang mengidap penyakit namun tidak berbahaya dan mengurangi kualitas daging.

Baca Juga:  Ingat! Warga Kabupaten Bekasi Belum Bisa Gelar Resepsi Penikahan

“Paling banyak penyakit mata atau penyakit biasa yang tidak terlalu mengganggu kesehatan dan kualitas daging. Pedagang atau peternak cukup rajin memeriksakan kesehatan hewan ternak ke UPTD atau di pasar hewan,” katanya. (Red)