Ingin Turun Berat Badan? Tak Perlu Lapar, Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengurangi porsi makan atau membatasi waktu makan, misalnya dengan tidak sarapan atau melewatkan makan malam. Padahal, ada tipe orang yang memang doyan makan. Untuk orang-orang seperti ini, membatasi makanan adalah hal yang menyiksa dan menjadi sulit untuk dilakukan.

Bila Anda termasuk jenis itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar berat badan turun, namun Anda tidak merasa tersiksa karena kelaparan.

1. Minum dua gelas air sebelum makan.

Minum air adalah cara lain untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Apalagi minumnya sebanyak dua gelas.

Dijamin sukses dangan cara seperti itu, tidak lapar dan tidak makan berlebihan. Boleh dicoba!

Baca Juga:  BJB Kota Cirebon Salurkan CSR Ke RSD Gunung Jati dan Disdik

2. Cobalah makan dengan menggunakan piring kecil.

Mungkin ini gitu ya? pembatasan makan berskala besar, supaya tidak makan kkebanyakan, perlu adanya takaran yang mendukung dan bisa mengingatkan kita untuk berheti makan.

Jadi, menggunakan piring kecil bisa membuat seakan-akan piring telah penuh. Padahal jika diletakkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa memangkas asupan kalori berlebih.

3. Gerakkan tubuh seaktif mungkin

Biarpun Anda sudah mengurangi kalori, tapi kalau Anda tidak bergerak dan beraktivitas cukup, menurunnya bobot tubuh akan lebih sulit. Maka dari itu, biarkan tubuh Anda bergerak.

Boleh juga mencoba dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung di depan komplek, atau memilih naik tangga ke dibanding naik lift ke lantai tempat kantor Anda berada. Jika Anda lebih banyak bergerak, hal itu juga dapat membuat tubuh membakar kalori secara stabil.

Baca Juga:  Pasien di RS Rujukan Tidak Tertampung, BPBD Jabar Bangun Tenda Serbaguna

4. Kurangi makan makanan yang mengadung garam berlebih

Mengonsumsi zat sodium yang terdapat dalam garam secara berlebih ternyata berkontribusi besar sebagai penyebab naiknya berat badan.

Hal tersebut dikarenakan zat sodium dengan kadar yang berlebihan akan menghambat proses metabolisme lemak, sehingga salah satu cara diet sehat yang bisa Anda lakukan yakni mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi garam pada makanan.

5. Mengunyah makanan dengan benar

Mengunyah makanan secara pelan-pelan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Hasil riset menunjukkan, mengunyah makanan dengan cepat berisiko lebih tinggi menaikkan berat badan dibandingkan dengan mengunyah secara perlahan.

Baca Juga:  Haruskan Membela yang Benar, Naseh: Jaksa Siap Melayani

6. Kamu sudah manis, tak perlu makan gula terlalu banyak

Bagi banyak orang yang bekerja terlalu keras, makanan olahan adalah solusi tercepat dan termudah. Namun, jika kamu mencoba meningkatkan kesehatan, terapis fisik Lauren Lobert menganjurkan untuk mengurangi gula.

7. Hilangkan kebiasaan ngemil dimalam hari

Kebiasaan mengemil malam hari adalah salah satu sumber kegemukan yang seringkali diabaikan, dampaknya mungkin tak akan langsung terasa, namun, dalam jangka panjang kebiasaan buruk ini sangat membahayakan.

Seharusnya, aktivitas mengemil di malam hari dihilangkan dan tak dijadikan kebiasaan, ganti dengan meminum air putih tapi tidak perlu berlebihan.

Begitulah cara untuk mendukung program diet yang akan dijalankan, semoga berhasil. (Red)